Career
Memberikan Nama Perusahaan

22 Oct 2012

Ketika Anda dan rekan bisnis sedang merintis perusahaan konsultan teknologi informasi, biasanya ada satu masalah kecil tapi besar yang dihadapi. Mencari nama untuk usaha baru memang gampang-gampang susah. Anda bisa mencari inspirasi tanpa harus menjiplak nama orang lain. Ada pula cara sistematis untuk memberi nama perusahaan yang baik dan mungkin, membawa hoki bagi usaha Anda.

Menurut Konsultan Bisnis, Rhenald Kasali, cara terbaik mencari nama perusahaan adalah dengan melakukan brainstorming. Tentu saja Anda juga bisa mencari inspirasi dari buku-buku nama. Tapi, menurut saya, kurang efektif. Saat brainstorming, lakukan hal-hal di bawah ini:

1. Tentukan kriteria nama. Misalnya, ingin nama yang mudah diucapkan, tidak mengandung konotasi negatif, mudah diingat, atau tidak terlalu panjang.

2.  Nama adalah gabungan dari idealisme (seperti kaya makmur atau jaya abadi) dan unsur bidang usaha Anda. Namun, jangan menggunakan kata yang pasaran. Coba main dengan kata-kata. Misalnya, Anda senang dengan kata cemerlang. Coba cari padanannya dalam bahasa Arab  atau Latin, yang mungkin terdengar lebih catchy.

3. Untuk konsultan IT, gabungkan dengan kata ‘tek’, ‘tech’, atau ‘biz’ yang memberikan konotasi teknologi.

Kalau sudah menemukan 2-3 nama yang cocok, Anda memerlukan bantuan notaris untuk mengecek di Kementerian Hukum dan HAM, apakah nama-nama tersebut sudah ada yang memakai atau belum. (f)

Baca juga:
Mendaftarkan HKI Mudah, Kok!
Ayo, Mendaftar!
6 Identitas Usaha
Lindungi Aset Anda


 

polling
Ending AADC 2

Film Ada Apa Dengan Cinta 2 sudah mulai tayang di bioskop sejak 28 April lalu. Setelah menunggu selama 14 tahun, penonton pun bisa menyaksikan lanjutan kisah Cinta dan Rangga, plus persahabatan geng Cinta.

Apakah Anda puas dengan ending film AADC 2?