Trending Topic
Membangun Karakter saat Liburan

18 Feb 2014


Di balik segala keribetan mengurus persiapan perjalanan, ternyata banyak manfaat besar untuk pengembangan karakter anak yang sebanding dengan jerih payah dan uang yang dikeluarkan.

Berada di negara asing dengan kebudayaan, kebiasaan, makanan, dan warna kulit yang berbeda, juga membuat anak belajar lebih mudah beradaptasi. “Sebelum berangkat, anak diceritakan tentang hal-hal baru apa saja yang akan mereka temui dalam perjalanan nanti. Jadi, mental anak juga akan lebih siap dengan perbedaan yang akan mereka hadapi,” saran Psikolog Anna Surti Ariani (Nina), S.Psi., M.Si.,

Nina bahkan menyarankan orang tua untuk mendorong anak berani mencoba bercakap-cakap dengan penduduk lokal dengan menggunakan bahasa asing yang mereka kuasai. Misalnya saja, saat di restoran atau toko, biarkan anak berinteraksi dengan pelayan restoran atau penjaga toko. Atau, mencoba bercakap dengan orang di dalam gerbong kereta dan bus di sepanjang perjalanan. “Ini akan merangsang minat anak untuk mempelajari bahasa asing,” ujar Nina. 

Hal lain yang menurut Nina juga bisa dipelajari anak saat liburan adalah, saat berada di negara orang, anak bisa melihat kebiasaan baik penduduk suatu negara yang bisa ditiru. Sekaligus menunjukkan kebiasaan tidak baik yang harus dihindari.  “Karena lebih bebas, anak jadi mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi suatu tempat lebih dalam dan juga lebih banyak berinteraksi dengan penduduk lokal,” cetus Nina.

Reynette Fausto



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?