Health & Diet
Masalah Tenggorokan

5 Nov 2011

Meskipun tidak sedang flu atau batuk, tenggorokan sering kali terasa sakit, terutama saat bangun pagi.  Banyak minum air sudah, dan tidak pula terlampau sering berada di ruang AC.  Permen pelega tenggorokan berhasil menghilangkan sakit, tapi sakit itu selalu terulang di pagi hari. Apa yang harus dilakukan?

Tenggorokan adalah jalan napas yang di dalamnya terdapat kumpulan kelenjar getah bening untuk mencegah virus dan kuman masuk ke saluran napas bagian dalam. Kelenjar ini antara lain tonsil atau amandel yang berbentuk tonjolan,  terutama bila sedang meradang (tonsilitis). Di sebelah tenggorokan terdapat kerongkongan atau jalan makanan, yang juga dapat meradang (pharyngitis).

Tonsilitis dan pharyngitis kronis dapat terjadi tanpa gejala flu atau batuk. Tapi, bila diperiksa akan tampak membesar dan berongga. Radang ini menyebabkan sakit saat tersentuh makanan atau dalam keadaan kering. Sulit untuk mendiagnosis penyakit di dua saluran ini tanpa melihatnya. Obat pelega tenggorokan hanya meringankan gejala, tapi tidak mengobati. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?