Food Trend
Martabak Manis Alias Kue Terang Bulan

2 Feb 2014


Penganan lezat ini memiliki nama berlainan di berbagai tempat. Di Pontianak disebut apam pinang, sedangkan di Pangkalpinang, Bangka, dikenal dengan nama kue pangkalpinang. Orang Malaysia menamainya apam balik. Ada pula beberapa wilayah yang mengenalnya sebagai kue terang bulan karena bentuknya mirip bulan purnama.
   
Kue terang bulan bisa dibilang asli Indonesia. Pencetusnya adalah orang-orang turunan Tionghoa yang bermukim di Bangka Belitung. Mereka menyebutnya hok lo pan atau kue orang Hok Lo. Hok lo pan ini lebih kita kenal dengan nama martabak bangka. 

Namun di Bandung dikenal dengan sebutan kue bandung. Keluarga Cen generasi keempat asal Bangka, membuka gerai mi bandung di Semarang, awalnya memang menamainya kue Bandung. Lambat laun, martabak manis ini justru dikenal sebagai martabak bandung. Jadi sebenarnya martabak bangka dan martabak bandung tak jauh beda.
   
Kulit dasar martabak manis ini dibuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, soda kue, santan, dan air.  Adonan dipanggang di atas penggorengan besi yang cukup tebal hingga matang dan berserat. Bagian luar kulit akan berubah warna kecokelatan dan terasa empuk. Untuk isi biasanya diberi taburan gula pasir, meises, kacang tanah cincang, wijen, dan keju atau campuran dua jenis bahan isi tersebut. Sebelum ditumpuk dan dipotong-potong  di atas isian disiram dengan susu kental manis.




 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.