Trending Topic
Mark Zuckerberg ke Indonesia

14 Oct 2014


Kedatangan pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, di Indonesia telah menghebohkan jagat maya selama beberapa hari ini. Foto dirinya menyaksikan matahari terbit di Candi Borobudur telah dishare lebih dari 11.480an hingga hari ini (14/10). Bukan sekadar menikmati keindahan Indonesia, Mark membawa agenda besar pada kunjunganya kali ini. Bertemu dengan para pengembang, operator mitra, dan pemimpin pemerintah di Jakarta, Mark membicarakan mengenai program Internet.org untuk membantu masyarakat di wilayah terpencil mendapatkan layanan akses internet dasar secara efisien.                             

Menurut Survei Data Global Web Index, Indonesia adalah negara pengguna internet terbesar di Asia Tenggara, yaitu sekitar 79,7% pengguna aktif media sosial mengalahkan Filipina, Malaysia, dan Cina. Statistik perkembangan internet di Indonesia juga mencapai 15% atau 38,191,873 pengguna internet dari total populasi 251,160,124. Sedangkan, berdasarkan data Facebook, jumlah pengguna Facebook di Indonesia kini sudah mencapai 69 juta orang. Sayang, akses internet belum merata dan baru dapat dinikmati oleh sekitar 82 juta orang dari total jumlah penduduk Indonesia.               

“Melalui layanan Internet.org dan Facebook yang lebih merata diharapkan dapat membantu untuk menggerakkan perekonomian mikro di Indonesia. Saya percaya konektivitas internet dapat mengubah wajah perekonomian dunia termasuk Indonesia dan juga berpengaruh bagi iklim budaya dan inovasi di seluruh dunia,” ungkap Mark kepada media.                               

Usai pertemuan tertutup dengan Presiden Terpilih RI, Joko Widodo, Mark diajak blusukan ke Pasar Blok A Tanah Abang, Jakarta, untuk melihat secara lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan para pedagang kecil. ”Sangat menyenangkan melihat bagaimana dia terhubung langsung dengan orang-orang. Dia (Jokowi) berencana mengenalkan e-blusukan yang akan membantunya terhubung online dengan seluruh masyarakat Indonesia,” tulis Mark dalam laman pribadinya.


WORO HARTARI TRIANTI
FOTO: AFP



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?