Tips
Manikur ala French Manicure

15 Jun 2011

Belum afdal rasanya bila memamerkan keindahan cincin berlian di jemari tanpa dilengkapi penampilan cantik kuku yang dimanikur ala french manicure.

French manicure biasanya dilakukan dalam tiga pilihan warna: pink pucat, beige (krem), atau bening, dengan ujung warna putih (white tips). Mau melakukan sendiri di rumah? Lakukan di pagi atau sore, saat Anda sedang bersantai, agar hasilnya lebih sempurna.

Alat yang dibutuhkan:
• Scrub & lotion tangan
• Kikiran
• Gunting kutikula
• Stik kayu untuk mendorong kutikula
• Gunting kuku (optional)
• Base coat dan top coat
• Kuteks putih untuk ujung kuku
• Kuteks warna pink / beige


Langkah-langkahnya:
  1. Gunakan scrub untuk menghaluskan kulit tangan sebelum mulai mengerjakan kuku. Rendam tangan dalam air hangat, keringkan dengan handuk, kemudian gunakan pelembap tangan. Jika mengenakan kuteks, hapus bersih terlebih dahulu sebelum merendamnya.
  2. Guntinglah kuku sesuai selera Anda, bentuk oval atau lurus.
  3. Bentuk sisi kiri dan kanannya dengan kikiran sambil mengikuti bentuk natural jari. Untuk french manicure, panjang yang ideal sekitar 3 mm dari ujung kuku.
  4. Oleskan obat kutikula kemudian dorong ke arah belakang dengan alat pendorong kutikula yang terbuat dari gagang kayu.
  5. Gunting kutikula yang masih tersisa dengan gunting khusus kutikula. Hati-hati jangan sampai melukai jari Anda.
  6. Oleskan basecoat untuk meratakan dan melindungi permukaan kuku, lalu oleskan kutek pink muda atau krem untuk warna dasar. Ulangi lagi setelah lapisan pertama benar-benar kering.
  7. Pastikan Anda duduk dengan posisi nyaman sebelum mulai menggambar ujung kuku dengan kuteks warna putih. Mulailah dari ujung kemudian sambungkan di bagian tengah sambil mengikuti lekukan alami kuku Anda.
  8. Setelah ujung kuku kering, oleskan topcoat untuk menjaga agar kuteks tahan lama dan melindunginya dari goresan. Setelah 10 menit, oleskan lapisan kedua agar kuku lebih berkilap dan memberi perlindungan ekstra.

Alat 'bantu' ekstra

Agar hasilnya maksimal seperti yang dilakukan ahli, lengkapi juga dengan peralatan berikut ini.

Penghapus kuteks

Dalam bentuk pen (polish-remover pen) sangat berguna untuk merapikan dan membersihkan kuteks tanpa merusak kuteks di kukuFrench

Manicure kit
Biasanya dilengkapi dengan stiker untuk membentuk white tips. Gunanya sebagai pemandu kuas kuteks agar hasilnya rapi. Jangan lupa untuk mencabut stiker setelah kuteks benar-benar kering.

Pensil nail-whitening
Pensil ini bisa digunakan untuk menciptakan efek putih cemerlang di kuku dengan cara memberi warna putih di balik kuku. Cocok bagi Anda yang tidak sabar menggunakan kuteks.

Pengering kuku instan
Kemasan botol semprot menjadikannya praktis untuk digunakan.

Nail-art polish
Dengan kuas melancip, bisa memudahkan Anda menggambar bentuk yang ideal. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?