Health & Diet
Manfaat Kedelai untuk Kesuburan Pria

27 Feb 2012

Mitos: Kedelai bagus untuk kesuburan pria.

Fakta: Kedelai dan hasil olahannya, seperti susu kedelai, mengandung isoflavon, yang bertindak mirip dengan hormon estrogen dan dapat berefek merugikan kesuburan pria. Memang, ada beberapa indikasi bahwa fitoestrogen dapat mengubah hormon reproduksi, spermatogenesis (asal mula dan perkembangan sel reproduksi pria dewasa), kapasitas sperma, dan kesuburan. Namun, hasil penelitian Jorge E. Chavarro, MD, ScD, dari Departemen Ilmu Gizi Harvard School of Public Health, yang diterbitkan dalam Human Reproduction 2008, mengungkapkan bahwa asupan makanan produk kedelai dan sumber isoflavon, termasuk susu kedelai, tidak berhubungan dengan motilitas sperma, morfologi sperma, atau volume ejakulasi. 

Namun, konsentrasi sperma yang rendah bisa berkaitan dengan pria yang terlalu banyak mengonsumsi kedelai dan hasil olahannya. Dan, kondisi ini kebanyakan terjadi pada pria dengan berat badan berlebih alias kegemukan. (f)



 

polling
Pilkada 2017

Pilkada 2017 akan digelar serentak pada tanggal 15 Februari di 101 daerah, 7 provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten. Sebelum memberikan suara, yuk, isi polling berikut.

Kota tempat tinggal:
Gender:
Usia:
Pekerjaan:
Pendidikan terakhir:
Dalam setahun terakhir apakah Anda pernah melihat, menonton atau mendengar kampanye calon yang akan ikut pemilihan Kepala Daerah:
Melalui Media kampanye apa yang paling menarik untuk Anda lihat, tonton atau dengar mengenai pemilihan calon pemimpin daerah ( boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Pertimbangan apa saja yang membuat Anda memilih seorang calon pemimpin daerah ( boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Kriteria figur seperti apa yang menjadi pertimbangan Anda untuk memilih seorang calon pemimpin daerah: (boleh pilih lebih dari satu jawaban) :
Secara umum apa yang Anda harapkan dari kinerja calon yang Anda pilih (boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Seberapa besar antusiasme menghadapi PILKADA Feb 2017
Apakah Anda akan menggunakan hak suara Anda dalam PILKADA 2017