Health & Diet
Makanan Pembangkit Cinta

23 Mar 2012

Meski masih sering diperdebatkan kebenarannya, toh, di zaman modern ini, kepercayaan soal ‘keampuhan’  makanan afrodisiak  ternyata belum luntur. Tak hanya di Indonesia, di negara Barat  pun isu ini masih jadi isu ‘panas’. Kabarnya, mulai dari cokelat hingga saffron mampu meningkatkan libido. Benarkah?


1. COKELAT

Kandungan phenylethylamine di dalam cokelat berfungsi sebagai neurotransmitter (zat pengantar). Fungsinya meningkatkan penyerapan triptofan (salah satu asam amino esensial) ke dalam otak. Triptofan inilah yang akhirnya menghasilkan hormon serotonin dan dopamine, keduanya membantu meningkatkan rasa senang, relaks, bebas stres, dan memperbaiki mood. Perasaan ini yang kemudian membantu tubuh lebih peka terhadap rangsangan seksual sehingga mudah bergairah. 

SARAN PENYAJIAN:
Pilih cokelat pekat (dark chocolate) dengan komposisi cokelat murni sebanyak 70%. Untuk memperoleh khasiat afrodisiaknya, konsumsi cokelat ‘murni’ ini sebanyak 30-50 g per sekali santap. Kalau ingin mencampur cokelat masak bersama bahan lain, misalnya untuk cake, jangan sampai jumlah cokelat lebih sedikit, karena hal ini bisa mengurangi efek ‘senangnya’. Sebaiknya, olah cokelat menjadi minuman, praline, atau truffle.

2. GINSENG

Ginseng sebagai pendongkrak kemampuan seksual memang bukan sekadar mitos. Ginsenosides (senyawa aktif di dalam ginseng) bekerja meningkatkan alirah darah ke sistem saraf pusat pada organ vital pria. Bila dicampur ke dalam minuman, efek menghangatkan yang dihasilkannya, membuat tubuh lebih relaks dan aktivitas seksual pun lebih lancar.

SARAN PENYAJIAN:
Ginseng bisa dihidangkan sebagai minuman hangat atau sup. Sebelum menikmatinya, hirup aromanya agar lebih menenangkan. Untuk menyegarkan stamina, diperlukan 0,5 gram ginseng per hari. Untuk mengatasi kelesuan seksual, butuh dosis lebih tinggi (2-3 gram per hari).

3. ROYAL JELI

Produk termahal hasil lebah (ada yang mencapai 1,5 juta rupiah/kg) ini bekerja menstimulasi kelenjar endokrin untuk merangsang kerja hormon testosteron (pada pria) dan estrogen (pada wanita). Dengan begitu tubuh lebih siap dalam menjalankan aktivitas seksual. Konon, bukan hanya lebih cepat terangsang, daftar panjang nutrisi seperti protein, lemak, asam folat, glukosa, fruktosa, vitamin A, vitamin B kompeks, Vitamin C, dan asam amino esensial di dalamnya juga dipercaya bisa menjaga kesuburan. 

SARAN PENYAJIAN:
Cara praktis menikmatinya tambahkan bahan ini pada minuman. Agar khasiat maksimal, campurkan 1 sdm pada minuman favorit Anda.

4. SAFFRON

Ini penelitian terbaru. Aroma rempah saffron yang kuat mampu membangkitkan mood bahagia, sehingga tubuh pun relaks saat menerima rangsangan. Bagi wanita, minyak esensialnya ternyata mampu membangkitkan orgasme lebih lama. 

SARAN PENYAJIAN: 
Campurkan saffron pada minuman atau sup. Sajikan dalam keadaan hangat supaya saat dinikmati aroma uniknya tidak hilang. seperempat sendok teh saffron cukup membantu mendongkrak libido. (f)

(Ahmad Syafiq, Ph.D., dosen jurusan Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.)


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?