Food Trend
Makanan Kekinian

21 Oct 2015


Cronut dan mille crepe telah melewati masa keemasannya dan mulai tergantikan dengan sejumlah makanan dan minuman gaya baru yang cepat sekali bermunculan. Tren kedai kopi dan bazar kelas urban menggenjot fenomena ini. Ini dia makanan manis dan minuman yang sedang booming di kota-kota besar di Indonesia, khususnya di Jakarta.

DONAT GOURMET

Donat yang dibuat lebih bersahaja, yakni ditangani secara homemade dengan olesan rasa  baru. Penjual biasanya berbasis online dan memasok produknya ke kedai-kedai kopi masa kini. Donat ditata modern, menghasilkan foto produk dengan napas kekinian yang digemari pangsa yang melek Instagram.
Produk dari akun Instagram @afteraise misalnya, memiliki donat dengan olesan passionfruit-caramel glaze dengan taburan toasted coconut flakes.
Coba di sini: Afteraise, Bronuts, Dough Darlings

ÉCLAIR
Pâte à choux, atau choux pastry dalam bahasa Inggris, dan terserap di Indonesia menjadi ‘sus’, tengah digandrungi di dunia. Choux pastry  memiliki banyak bentuk dengan nama yang saling berbeda. Salah satunya, yakni èclair, terutama mencuat di Indonesia. Peracik terinspirasi kesuksesan toko-toko sejenis, seperti L’éclair de Génie dan Fauchon di Prancis yang sukses karena mengedepankan koleksi éclair aliran progresif.
 
Tak lagi terlalu klasik berisi crème pàtissière dengan olesan ganache, bagian tengah èclair diisi rasa-rasa inovatif semacam krim matcha, krim sea salt-caramel, hingga krim rasa buah-buahan eksotis. Rasa glaze (olesan) di atas èclair dibuat matching dengan rasa krim di dalamnya, dengan tambahan taburan remah biskuit hingga kacang-kacang mahal. Glaze terkadang dibuat dalam warna-warna shocking!
Coba di sini: BYOD by Odie Djamil, Serradella Patisserie, Cacaote, NOMZ

SERBA HITAM
Di tahun 2014-2015, hitam justru bukan warna yang menenggelamkan selera. Dipopulerkan oleh blackdog (black hot dog) Diyoji-Dudes of Gourmet di Pasar Santa yang fenomenal, sejumlah stan  di bazar urban mulai diisi oleh pelakon-pelakon baru yang terinspirasi. Selain hot dog, muncul burger, macaron, chiffon cake, mochi, xiao long bau, choux pastry, hingga cookies warna hitam.

Di Jepang, tempat tren ini berawal, warna hitam banyak diaplikasikan untuk roti. Charcoal powder digunakan untuk ini, terbuat dari arang bambu atau kayu yang dipanggang dalam oven. Pewarna hitam sering menjadi substitusi karena lebih mudah didapat. Atau, jika digunakan pada hidangan gurih, warna hitam bisa diperoleh dari tinta cumi.
Coba di sini: Diyoji-Dudes of Gourmet, Blessing Bakery - Makassar, Blacklisted Coffee, Fat Belly Truck, St. Germain by Cacapte, OTW Food Street.

EGG WAFFLE
Pertama kali booming di Taiwan. Bentuknya seperti persilangan botok tawon dan waffle, yang dibuat menggunakan cetakan khusus, mirip cetakan poffertjes.
Adonan dasarnya tersedia dalam aroma vanilla, cokelat, taro, blackforest, moka, hingga pandan. Setelah adonan dituang ke dalam cetakan,  ditaburkan pilihan topping semacam keju cheddar, chocolate chip, biskuit Oreo, dan almond. Ditemui versi gurih ber-topping abon.

Cara lainnya, bulatan-bulatan diisi selai (Nutella, Ovomaltine, Skippy) atau krim (stroberi, cokelat, cappuccino). Gaya lainnya adalah egg waffle yang dilipat menyerupai cone.
Coba di sini: Eggo Waffle, Mamago HK, Bubble Waffle, Egg Eats. (f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?