Food Trend
Loyang: Beda bentuk, beda fungsi

8 Nov 2012


Kini loyang tak lagi sebatas bentuk kotak, persegi, atau bulat. Pergilah jalan-jalan ke toko yang khusus menjual alat dan perlengkapan kue, Anda akan terkesima dengan aneka pilihannya yang begitu beragam.

Tiap loyang memiliki fungsi spesifik yang sudah disesuaikan secara teknis untuk tiap jenis sajian tertentu. Meski terkesan sepele, loyang tepat akan memberikan hasil yang sempurna.


Baking Dish

Disebut juga cookie sheet atau loyang datar. Digunakan khusus untuk memanggang cookies atau biskuit. Tinggi loyang maksimal 3 cm, tidak boleh terlalu tinggi karena akan memengaruhi tekstur kue kering yang dihasilkan. Bentuknya persegi panjang dengan ukuran beragam, umumnya 30 x 20 cm.























Cake Pan

Jenis loyang yang paling umum ditemukan di  tiap dapur. Bentuknya beragam: kotak, bulat, persegi panjang, atau bentuk lain seperti hati atau oval. Tersedia dalam berbagai ukuran. Yang standar adalah 20 x 20 x 5 cm. Digunakan untuk membuat cake, bolu, cheesecake, hingga kue lapis.























Bundt Pan

Kita menyebutnya loyang tulban. Lubang di tengah loyang, memungkinkan panas tersebar merata. Bundt pan, bergelombang biasanya untuk butter cake, yang polos (tube pan), unutuk chiffon cake, sponge cake, atau angel food cake.



























Muffin Pan
Satu loyang terdiri dari 6 atau 12 ‘lubang’ untuk menampung adonan muffin. Diameter ‘lubang’ umumnya 8 cm. Biasanya, ‘lubang’ loyang dialasi dulu dengan cake cup. Ada juga pilihan loyang muffin individual untuk memanggang muffin satu per satu.





























Tart Pan
Bentuknya bulat, dengan sisi dasar loyang yang bisa dilepas. Didesain untuk mempermudah mengeluarkan kulit pie matang yang teksturnya cenderung rapuh. Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari individual hingga ukuran besar (diameter 28 cm).






























Roll Pan
Didesain khusus untuk membuat bolu gulung. Ukurannya bervariasi, yang pasti tingginya sekitar 2,5 cm. Ada juga loyang gulung yang setengah bagiannya polos, setengahnya lagi bergerigi demi menghasilkan motif pada bagian dalam bolu.





























Bread Pan (Loaf Tin)
Berbentuk persegi panjang dengan ukuran 30 x 15 cm. Khas dipakai untuk membuat roti tawar. Tingginya 10 cm, pas untuk ‘menampung’ adonan roti tawar yang mengembang selama fermentasi dan pengembangan.






























Pizza Pan
Khusus untuk membuat roti pizza yang tipis. Diameternya beragam dan tinggi loyang umumnya tak lebih dari 1 cm.



































Ramekin
Khas terbuat dari bahan keramik atau kaca berbentuk mangkuk dengan bagian luar bermotif garis. Digunakan untuk memanggang crème brûlée, onion soup, atau souffle.


































Springform Pan
Dikenal juga sebagai loyang bongkar pasang. Diameter 20 cm dan tinggi 10 cm. Terdapat kunci di salah satu sisinya, untuk ‘membuka’ loyang agar mudah melepaskan cake, seperti cheesecake.(f)





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?