Food Trend
Lapo Versi Halal

5 Oct 2015

Keturunan suku Batak Mandailing sebagian besar beragama Islam, dari wilayah yang berdekatan dengan Sumatra Barat. Karena ini juga dapur mereka memiliki banyak pengaruh dari dapur Minang. Gulai ikan salai misalnya, adalah ikan salai asap yang dimasak dengan bumbu mirip seperti gulai ikan yang ditemui di rumah makan Padang. Hanya, efek smokey dari ikan asap membuat sensasi kuah gulai agak berbeda.   

Lapo Sibual Buali yang berlokasi di daerah Tebet adalah salah satu lapo di Jakarta yang hanya menyajikan menu Batak muslim. Dari balado ikan teri, sayur gulai ubi tumbuk, dan tentu saja ikan mas arsik tak pernah ketinggalan. Etalasenya berisi piring bertumpuk, mirip sekali dengan rumah makan Minang. Yang terkenal di sini adalah gulai ikan limbat atau gulai ikan salai. 

Kalau merasa kurang tercukupkan dengan masakan Batak, berkunjunglah ke Pasar Senen. Di sini Anda bisa membeli aneka bahan dan bumbu masakan Batak hingga kue tradisional. Kudapan khas Tapanuli umumnya berbahan dasar tepung beras dan tepung ketan.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, sang pembuat mesti membuat tepung beras atau tepung ketan homemade. Rasanya akan sangat beda jika menggunakan tepung pabrikan. Ini juga yang membuat jarangnya lapo-lapo mengkhususkan untuk membuat  kue lapet atau ombus-ombus. Hasilnya, lahirlah pedagang yang hanya spesifik menjajakan kue-kue Batak. (f) 



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?