Health & Diet
Langsing Dengan Zodiak (Bagian I)

17 Oct 2011

Saatnya mengubah hidup lebih sehat lewat pola diet dan latihan yang pas sesuai karakter zodiak Anda. Berikut ini saran dari penulis buku dan pakar metode diet, dr. Phaidon Toruan, MM.

Capricorn (21 Desember - 19 Januari)

Warga Capricorn ini umumnya pencinta makanan. Jenis makanannya pun makanan berat yang tinggi lemak dan kalori. Untung, Capricorn menyukai olahraga dan menikmati setiap kesempatan yang membuat mereka harus menggerakkan badan. Karenanya, kebanyakan Capricorn tak punya masalah dengan berat badan. Namun, jika usaha ini mentok, jangan ragu untuk meminta saran dari orang yang ahli! Diet yang tepat bagi Capricorn adalah yang mudah, seperti makan sering tapi sedikit, namun dilakukan dengan penuh disiplin.

Saran olahraga: Tipnya adalah just do it. Lakukan olahraga yang bisa diukur dan bisa disesuaikan dengan kondisi pekerjaan. Latihan fitness  tampaknya pilihan terbaik. Treadmill atau sepeda statis juga bisa dijadikan pilihan aerobik.
 
Aquarius (20 Januari - 18 Februari)

Mereka pribadi unik yang individualis dan independen. Buat mereka, makanan itu penting, tapi bukan yang terpenting dalam hidup. Mereka mudah menjalani pola makan sehat seperti makan buah dan sayur berlimpah, mengurangi gula dan makanan olahan. Tak heran kalau warga Aquarius biasanya ramping. Meski di satu sisi sangat sehat, sayangnya Aquarius suka lupa bahwa mereka tak hanya perlu mengatur pola makan, tetapi juga perlu olahraga dan menjauhi kebiasaan buruk seperti rokok. Kelemahan mereka, di suatu saat bisa makan sangat sehat, tapi lalu bisa makan sembarangan. Supaya tak keluar jalur, Aquarius perlu teman yang makannya juga sehat dan bergaya hidup sehat.

Saran olahraga: Jenis olahraga single yang menantang dan memerlukan skill individual sangat cocok. Tenis, badminton, sprint renang, dan olahraga di gym bisa jadi pilihan. Namun, yang penting dijaga adalah mood untuk melakukannya.

Pisces (19 Februari - 20 Maret )
Warga Pisces sering mengalami masalah kelebihan berat badan, akibat kesukaan mereka menyantap makanan enak dan kurang memperhatikan diri sendiri. Gawatnya, Pisces  termasuk mudah terbawa arus dan seorang pemimpi yang maunya mendapatkan hasil secara instan. Padahal, mengonsumsi pil diet dan cara-cara instan sering menimbulkan depresi dan masalah kesehatan di belakang hari. Cara yang baik, fokus pada daging putih, ikan, dan aneka sayuran. Dan, karena tubuh Pisces cenderung menyimpan air dalam tubuh, kurangi garam. Bagi yang enggan repot, berlangganan katering diet bisa menjadi salah satu jalan keluar. Sebab, semua menu sudah diatur dan ditakar secara sehat.

Saran olahraga: Oahraga ‘jalan-jalan’ adalah pilihan yang tepat. Tinggal disesuaikan dengan kesenangan makan, tapi diubah jadi wisata kuliner sehat. Berburu makanan sehat sambil beraktivitas adalah langkah awal untuk bisa berolahraga bagi orang dengan karakter ini.

Aries (21 Maret - 20 April)

Orang dengan zodiak berunsur api ini adalah penyuka tantangan dan sangat memperhatikan penampilan. Kecenderungan Aries untuk cepat tersulut kemarahan, atau sikap tidak sabarannya, berpengaruh pada sistem pembakaran dan penyerapan makanan dalam tubuh. Untuk ’menjinakkan’ emosionalnya yang tinggi, warga Aries harus menghindari konsumsi daging merah dan makanan kaya bumbu yang pedas. Sebab, makanan ini membuatnya lebih agresif. Sebagai gantinya, cobalah  mengonsumsi bahan makanan dari biji-bijian, seperti roti whole grain, umbi-umbian, serta makanan yang kaya potasium, seperti pisang, brokoli, bayam, beras merah, dan tomat. Namun, saat energi sedang turun, kembalikan dengan mengonsumsi jenis makanan yang punya unsur aromatik, seperti lemon dan yoghurt, tapi tetap hindari produk susu dan daging.

Saran olahraga: Olahraga kompetitif yang bersifat fun dan outdoor bisa menjawab sisi petualang Aries. Hiking, berenang, atau lari di alam bisa jadi pilihan di saat weekend. Untuk sehari-hari, olahraga kompetisi seperti bulu tangkis atau fitness di gym bisa jadi alternatif. Latihan di gym juga memperlambat proses penuaan atau penurunan hormon pada mereka yang berusia di atas 30 tahun.
 
Taurus (21 April - 20 Mei)

Warga bintang berlambang kerbau dengan unsur tanah ini biasanya malas bergerak dan tidak menikmati olahraga. Tak heran jika metabolisme mereka cenderung lambat. Akibatnya, Taurus gampang gemuk, tapi bukan berarti mereka tak bisa langsing. Pola fad diet untuk memburu hasil dalam sekejap tidak sesuai dengan karakter Taurus. Untuk menjaga tubuh bebas dari ’sabuk’ lemak, Taurus disarankan untuk melakukan diet seimbang rendah karbohidrat, lemak, dan gula. Meski prosesnya cenderung lama, mereka bisa bertahan tanpa stres. Kunci langsing Taurus adalah makan sering dan teratur, dalam porsi sedikit. Karena Taurus punya ’kelemahan’, doyan camilan yang manis-manis, coba untuk memilih buah sebagai selingan, bukan cake.

Saran olahraga: Lupakan kata olahraga dan ganti dengan kata main. Setiap orang cenderung memiliki sisi kanak-kanak. Gunakan sisi kanak-kanak ini untuk ‘membakar’ lemak, misalnya dengan mencoba permainan mesin dance dengan iringan musik atau basket. Aktivitas dari masing-masing permainan ini punya khasiat sama dengan olahraga. Ikuti dengan porsi latihan di gym selama 15-20 menit, cukup dengan frekuensi dua kali seminggu. Waktu yang singkat ini bisa menyiasati rasa malas, dan membayar trainer akan membuat mereka merasa sayang meninggalkan latihan.
 
Gemini (21 Mei - 20 Juni)

Sesuai dengan karakter udara, orang dengan zodiak Gemini kebanyakan gesit, lincah, dan tidak bisa diam. Tak heran jika mereka memiliki metabolisme yang tinggi dan membakar kalori lebih cepat. Namun, itu tak jaminan mereka akan terhindar dari risiko kegemukan. Masalahnya, Gemini ini plinplan alias suka berubah pikiran, dan tak sabaran. Kunci langsing mereka adalah membuat diri mereka lebih tenang, antara lain dengan tidak menimbang berat badan setiap hari. Ketimbang makan terburu-buru dan menyikat junk food, sediakan waktu dan duduklah dengan tenang saat makan. Gemini adalah seorang stress eater. Sayuran yang dikukus sebentar, kacang-kacangan, dan salad sayuran mentah plus crouton bisa jadi pilihan snack yang sehat.

Saran olahraga: Gesit dan senang mencoba hal baru. Karakter ini apabila dioptimalkan akan sangat baik bagi lingkungan yang malas. Bertualang dari satu klub ke klub lain mencari instruktur olahraga yang oke adalah salah satu cara untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Semua olahraga yang sifatnya ‘rame-rame’, seperti voli, basket, sepak bola, dan bulu tangkis, juga bisa jadi pilihan pas.

Zodiak lain, klik di sini

Nuri Fajrati


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?