Food Trend
Korean Barbecue Nikmat

24 Mar 2014


Foto celebrity chef Jong Won Paik terpampang di eksterior restoran Born Ga, di ruas Jl. Wolter Mongonsidi, Jakarta Selatan.  Nama baik sang chef, sang pemilik, sepadan dengan konsistensi kualitas sayuran dan daging-dagingan dalam sajian Korean barbecue-nya.

Perhatikan irisan daging sapi segar di sajian seperti Woo Sam Gyub atau Yangyum Galbi. Berona merah memikat, dengan tekstur lunak. Hmm, indikator awal dari daging sapi yang mantap. Setelah dibakar, terasa saripati daging merah yang gurih.

Pendamping khasnya, berupa sekotak panjang isi sayuran lalap, begitu berlimpah dan tampak segar. Sebagian besar dipetik dari kebun sayur di Cipanas milik sepasang suami-istri Korea. Langkah meminimalkan jejak karbon yang ujung-ujungnya menghasilkan sayuran dengan tekstur yang lebih crunchy dan kandungan nutrisi yang lebih baik. Oh, ya, sajian Japchae dan Haemul Pajeon juga wajib pesan!

"Sebagai peminat makanan sehat, saya suka banget Saeng Galbi, yakni iga sapi yang telah di-marinate dengan buah-buahan, sehingga dagingnya superlembut dan juicy. Cocok disertai sayuran segar dan saus ssamjang," ujar Yuda Bastara, chef yang tengah naik daun mengenai sajian Born Ga. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?