Career
Kompetensi Itu Penting

28 Nov 2012

Prestasi Marissa memang sangat memikat. Wajar jika Yahoo seperti berharap banyak saat menyerahkan kemudi perusahaan teknologi itu pada Marissa. Sejak menjadi pegawai ke-20 Google 13 tahun lalu, wanita yang meraih gelar Bachelor of Science dan Master of Science bidang Ilmu Komputer di Stanford University, Amerika Serikat, ini menunjukkan bakat besarnya. Selama di Google, ia meluncurkan sekitar 100 produk dan fitur baru. Ia berperan besar dalam berbagai produk Google, seperti Gmail, Google Maps, Google News, dan masih banyak lagi.
   
Salah satu pemikiran Marissa yang dianggap mendorong kesuksesan Google sebagai mesin pencari adalah tampilan muka Google yang sederhana dan bersih. Hanya ada kolom pencarian, tombol pencari, dan sebaris pilihan menu di bagian atas. “Google sebenarnya memiliki banyak fungsi. Namun tampil sederhana dan elegan, layaknya pisau lipat yang rumit tapi bisa masuk ke kantong dan sangat bermanfaat saat diperlukan,” kata Marissa tentang alasannya memprakarsai desain tersebut.

Menurutnya, mesin pencari lain sangat terbuka. Semua fungsinya terlihat, tapi bisa membuat takut banyak orang. Ternyata analisis Marissa tepat, Dengan hanya menitikberatkan pada kolom pencari di halaman muka, terbukti Google mampu naik peringkat sebagai mesin pencari nomor satu di dunia. Hingga berkembang istilah ‘googling’ yang artinya mencari lewat internet.

Pemikiran Marissa yang out of the box mendorong kariernya hingga ia menduduki berbagai posisi penting selama di Google. Terakhir, Marissa menjabat sebagai Vice President of Local, Maps, and Location Services.

Walaupun Google adalah awal kariernya, namun di tempat ini pula Marissa mampu menunjukkan kompetensinya yang andal. Selain kemampuan teknis yang sudah terbukti, istri pengusaha real estate Zachary Bogue ini memiliki beberapa filosofi hidup yang membuatnya menjadi wanita paling berpengaruh di dunia teknologi dalam usia muda.
   
Tentunya, bukan hal mudah bagi Marissa untuk menjadi seperti sekarang ini. Butuh bertahun-tahun membangun citra hingga ia dipandang sebagai wanita paling berpengaruh di dunia teknologi. Track record positif terus ia pertahankan selama 13 tahun berkarier. Hasilnya, sejak 2008 nama Marissa masuk daftar 50 Most Powerful Women in Business versi majalah Fortune. Bahkan, ia menjadi wanita termuda yang masuk dalam daftar tersebut. Itu sebabnya co-founder Yahoo David Filo yang juga merupakan pemegang saham terbesar Yahoo tak ragu menyetujui pengangkatan Marissa sebagai CEO.
       
Melihat hal tersebut, Lily Surya, konsultan PT Egon Zehnder International, menyarankan pada wanita karier untuk menjalani kariernya sebagai sebuah investasi jangka panjang. “Sejak awal bekerja, jaga terus track record kerja Anda. Tunjukkan hasil yang jelas, komitmen, dan selalu konsisten,” tegas Lily, menutup pembicaraan. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?