Celebrity
Kesuksesan Tantri, Berawal Dari Hobi

12 Oct 2011

Suaranya menuai pujian dari idolanya semasa kecil, Anggun C. Sasmi, yang menyaksikan penampilannya  di  layar kaca. Suara  bertenaga milik Tantri Syalindri Ichlasari sangat unik, berat dan serak. Nada tinggi dikuasainya hingga 2 oktaf, tetapi bisa terdengar lembut dan feminin, dengan alunan indah. Penampilannya pun khas, ‘galak’ dan energik seperti seorang rocker sejati. Tantri telah mampu merebut penggemar di persaingan ketat dunia hiburan.

Bakat Tak Diduga
Walaupun sejak kecil. Tantri mengakui memiliki hobi menyanyi, ia tak pernah mengira jalan kariernya ada di situ. Anak sulung dari dua bersaudara ini bercerita, ayahnya adalah orang yang berperan besar dalam pembentukan suaranya.
 
Jadi, semua ini berawal dari hobi?
Ya. Kedua orang tua saya memang hobi menyanyi, dan hobi mereka itu tersalurkan pada saya.
 
Bagaimana cara Anda melatih pembentukan vokal?
Ketika saya masih kecil, ayah saya memiliki koleksi video karaoke lagu-lagu dari band-band rock old school, seperti Deep Purple dan Queen. Biasanya, ketika saya selesai menyanyikan satu lagu, Ayah akan mengulang lagu yang sama, namun diturunkan 1/2 oktaf. Lain waktu, beliau memutarkan lagu yang lain, dengan metode yang sedikit berbeda, kali ini, ketika pengulangan  akan dinaikkan 1/2 oktaf.

Setelah saya terbiasa dengan suara rendah, saya mulai mengenal lagu-lagu Anggun, seperti Tua-Tua Keladi. Ayah saya kemudian mengombinasikan lagu-lagu rock lawas tadi dengan lagu-lagu lady rocker dalam satu sesi. Dari situlah suara saya terlatih untuk berpindah dari nada rendah ke nada tinggi.

Anda memulai karier sebagai penyanyi di usia muda, apa manfaat yang Anda rasakan?
Sesungguhnya tak banyak yang berbeda antara hidup saya dan teman-teman lain, yang setamat SMA lalu melanjutkan ke bangku kuliah. Saya juga sibuk dengan kegiatan saya di band, saya menjalani hidup yang saya pilih, dan saya menikmatinya. Saya bersyukur pada Tuhan, karena saya langsung diberi kesempatan untuk mencari nafkah di usia muda, tapi tetap bisa menjalankan tanggung jawab saya kepada orang tua.

Walaupun saya tidak menjalani pendidikan secara formal, seperti anak muda pada umumnya, saya juga menambah wawasan  melalui internet. Saya selalu menyempatkan diri browsing dan mencari tahu mengenai berita-beriita terbaru, baik yang terjadi di dalam maupun di luar negeri.

Apakah da kendala ketika menggantikan vokalis terdahulu yang juga seorang wanita?
Ketika saya baru bergabung, memang sempat terlintas kekhawatiran, bagaimana saya dapat memberikan kesan berbeda dalam lagu-lagu yang saya nyanyikan, namun tetap terasa aura Kotak. Setelah dijalani, sedikit demi sedikit, saya mulai menemukan ciri khas karakter vokal saya, yang menurut saya lebih berat dibandingkan Pare, vokalis sebelum saya, tanpa memengaruhi warna musik band ini.

Apakah Anda memiliki target di dunia musik?
Saya bercita-cita memiliki album solo, sebagai Tantri. Mungkin tidak dalam waktu dekat, karena saya sekarang masih memiliki tanggung jawab dengan Kotak. Selain memiliki album solo, saya juga ingin sekali bernyanyi dengan dua penyanyi yang sangat menginspirasi saya dalam bermusik, Anggun C. Sasmi dan Nicky Astria.

Anggun memuji suara Anda, ya?
Ya,  saya sangat terkejut membaca di timeline twitter saya, Anggun memuji suara saya! Siapa saya, sehingga diperhatikan penyanyi sehebat dia? Kejadian itu juga memperkuat cita-cita saya untuk berduet dengannya suatu hari nanti.

Lilu Widya (Kontributor  - Jakarta)




 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.