Food Review
Kelezatan Ketan Susu

19 Jul 2011

Tak banyak yang mengenal makanan selingan bernama ketan susu, kecuali bagi mereka, pemburu makanan di Jakarta, yang pernah menemui versi tersohornya di warung ketan susu di Jalan Garuda Ujung, Kemayoran. Ketan susu, atau bisa disingkat tansu, merupakan butir-butir ketan kukus nan lembut yang disiram susu kental manis kala panas. Hmmm, kesederhanaan rasa ketan terasa klop kala bercampur rasa susu kental manis yang legit. Ketan susu biasanya ditemani dengan gorengan pisang atau tempe.

Anda yang merasa tak cukup waktu menyambanginya hingga ke Kemayoran, bisa mencoba versi kedainya di area Cilandak, di selatan Jakarta. Kedai Ketan Susu didirikan oleh Iman J. Harahap,  awal tahun ini, sebagai bentuk kegemarannya terhadap jajanan yang kurang populer  tersebut. Ia membangun sebuah kedai cantik dengan suasana makan menghadap ke taman, tanpa sekat, agar tamu bisa menikmati ketan susu selagi dibuai angin sepoi-sepoi.

Ketan susu buatannya sangat memikat. Ketan ditanak hingga taraf kematangan yang seakan al dente. Lalu tersaji bersama siraman susu kental manis. Begitu mampir di lidah, lidah seakan dipermainkan dengan lelehan susu kental manis yang sudah membaur dengan gurihnya kelapa parut yang merupakan topping dari sajian ini. Diiringi dengan pisang goreng atau pisang bakar. Walaaah… nikmat tiada tara!

Spesialisasi menunya memang bukan makanan berat. Selain itu, ada pula aneka roti bakar. “Saya mengangkat Ketan Susu sebagai nama tempat ini, agar penikmat yang  rindu ketan susu bisa langsung mampir ke sini. Sangat cocok sebagai tempat sarapan atau bersantai setelah ngantor,” ujar Iman. Tersaji pula kopi hitam. Pas untuk menutup acara makan yang manis-manis ini. (TN)
    
Lokasi: Jl.Cilandak Tengah No.3. Jakarta 12430 (belakang Cilandak Town Square). Telp: (021) 96313585. Harga: Rp15.000 – Rp30.000 (sudah termasuk pajak). Jam buka: 10.00 – 22.000 WIB. Suasana: Kedai berdesain tropikal minimalis, dengan area makan luar ruang.

Trifitria S. Nuragustina.
Foto:TN




 

polling
Pilkada 2017

Pilkada 2017 akan digelar serentak pada tanggal 15 Februari di 101 daerah, 7 provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten. Sebelum memberikan suara, yuk, isi polling berikut.

Kota tempat tinggal:
Gender:
Usia:
Pekerjaan:
Pendidikan terakhir:
Dalam setahun terakhir apakah Anda pernah melihat, menonton atau mendengar kampanye calon yang akan ikut pemilihan Kepala Daerah:
Melalui Media kampanye apa yang paling menarik untuk Anda lihat, tonton atau dengar mengenai pemilihan calon pemimpin daerah ( boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Pertimbangan apa saja yang membuat Anda memilih seorang calon pemimpin daerah ( boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Kriteria figur seperti apa yang menjadi pertimbangan Anda untuk memilih seorang calon pemimpin daerah: (boleh pilih lebih dari satu jawaban) :
Secara umum apa yang Anda harapkan dari kinerja calon yang Anda pilih (boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Seberapa besar antusiasme menghadapi PILKADA Feb 2017
Apakah Anda akan menggunakan hak suara Anda dalam PILKADA 2017