Health & Diet
Kekurangan Kalium

15 Jan 2014


Akhir-akhir ini badan saya sering terasa lemas tak bertenaga. Sampai-sampai untuk berdiri saja tak mampu. Salah satu teman mengatakan, saya kekurangan kalium. Benarkah demikian? Apa penyebabnya?

Dian - Jakarta

Menurut dr. Phaidon Toruan, fitness trainer, penulis Fat Loss Not Weight Loss, banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang kekurangan kalium. Kini Anda bisa perhatikan salah satu penyebabnya yang mungkin Anda alami. Secara umum, kekurangan kalium disebabkan oleh gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Mereka yang menderita anoreksi dan bulimia memiliki kecenderungan mengalami kekurangan mikronutrien, termasuk kalium.
Tidak hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan garam juga dapat menyebabkan tubuh kekurangan kalium. Kekurangan kalium juga bisa berakibat dari penyakit muntah-muntah, diare, atau tiroid yang menyebabkan tubuh kekurangan kalium. Penggunaan obat anti peradangan seperti kortison atau obat hipertensi juga bisa menyebabkan penyakit ini.
Kekurangan kalium bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Selain tubuh lemas tak bertenaga juga bisa menyebabkan anemia, gangguan kontraksi otot termasuk kontraksi otot jantung yang bisa mengancam kehidupan.(f)
 


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?