Health & Diet
Kalori dalam Sepiring Salad (II)

25 Jan 2012

Greek Salad
Komposisi: Tomat, paprika, mentimun, lettuce, feta cheese.

Kandungan nutrisi:

Untuk feta cheese per 30 g mengandung 75 kkal, 4 g lemak jenuh, dan 140 mg kalsium
Dressing:
Olive oil per 2 sdm: 250 kkal.



Fruit Salad
Komposisi: Anggur, stroberi, mangga, jeruk, apel, pepaya

Kandungan nutrisi:

Buah mengandung banyak serat dan vitamin. Anggur mengandung senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Stroberi merupakan sumber vitamin C dan flavonoid. Mangga mengandung beta karoten. Kandungan asam fenolik dalam apel berfungsi membantu menghilangkan radikal bebas dalam darah dan menghindari penyumbatan   pembuluh darah. Jeruk dan pepaya merupakan sumber antioksidan.
Dressing:
Yoghurt. Kalori tergantung yoghurt yang dipakai. Satu cangkir yoghurt plain low fat mengandung 154 kkal.

Karedok
Komposisi: Mentimun, kacang panjang, daun kol, taoge, terung bulat, bengkuang
daun kemangi, emping goreng

Kandungan nutrisi:
Kacang panjang merupakan sumber protein, vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, asam folat, magnesium, dan mangan. Taoge mengandung senyawa canavanine yang bisa melumpuhkan bibit penyakit kanker. Kubis mengandung vitamin C dan kalsium. Adapun bengkuang termasuk dalam kategori tanaman fitoestrogen (estrogen alami) yang sangat bermanfaat bagi kaum wanita karena membantu mencegah osteoporosis. Terung tinggi kadar kalium dan rendah natrium, sangat menguntungkan bagi kesehatan, khususnya dalam pencegahan penyakit hipertensi. Terung juga  mengandung asam folat dan serat yang baik untuk saluran pencernaan. 
Dressing:
Saus kacang (terbuat dari kacang, kencur, cabai, terasi, cuka, garam, gula merah). Kacang mengandung kalori tinggi, namun kandungan lemak jenuhnya rendah. Dalam 50 g  kacang tanah terkandung: 235 kkal, 3 g lemak jenuh, 20 g lemak tidak jenuh, 4 g  serat, protein, vitamin B kompleks, asam folat, dan seng. (f)


Untuk tahu kandungan nutrisi salad yang lain, klik di sini.




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?