Health & Diet
Kacang Tanah vs Edamame

5 Jan 2015

Keduanya dianggap bisa jadi alternatif camilan sehat. Padahal, keduanya berasal dari jenis yang berbeda: kacang tergolong nut sedangkan edamame adalah bean. Mengonsumsi kacang tanah maupun edamame sama bagusnya.

Kacang tanah mengandung omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh dan omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Kandungan protein dalam kacang tanah lebih tinggi dari daging, telur, dan kacang soya. Kacang tanah juga memberikan manfaat kesehatan tambahan, seperti antioksidan dan serat.     

Banyak orang menganggap bahwa mengonsumsi kacang tanah akan meningkatkan kolesterol. Itu anggapan yang salah, kecuali bila kacang tanahnya digoreng terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Sebab, yang membuat kolesterol naik itu bukan kacang tanahnya, melainkan minyak gorengnya. Justru kacang tanah  membantu mengendalikan kadar kolesterol darah.

Edamame kaya akan hormon alami, hidrogen, juga kaya akan serat dan protein, serta vitamin A dan C yang mengandung  antioksidan yang baik.  Selain menurunkan kolesterol, edamame juga dapat mengurangi lemak di hati, mencegah kerusakan ginjal, dan membangkitkan mood. Sebagai camilan, edamame lebih aman dari kacang tanah, apalagi bagi yang ingin menurunkan berat badan. Meskipun mengandung omega 3, kacang tanah memiliki lemak dan kalori yang tinggi.(f)


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?