Health & Diet
Jika Tersiram Minyak Panas

26 Dec 2012


Jika kulit Anda tersiram minyak panas, langkah pertama adalah tidak boleh panik. Menurut dr. Fhemilya Indra Resvita, Sp.KK dari Ultimo Aesthetic & Dental Center, berikut langkah yang harus diperhatikan:

  1. Hilangkan segera penyebabnya agar tingkat kedalaman luka tidak bertambah. Caranya, basuh bagian yang tersiram minyak panas dengan air mengalir sebanyak-banyaknya hingga Anda merasa nyaman. Untuk menghilangkan noda minyak, Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung moisturizer lalu kembali bilas dengan air mengalir. Jangan menggosoknya dengan kencang, tidak perlu menggunakan sabun antiseptik dan jangan pula mengoleskan kecap, telur mentah, odol dan lainnya. Hal ini hanya akan memperburuk luka.
  2. Setelah itu, segera mintalah bantuan tim medis. Jika luka bakar membuat kulit Anda melepuh, jangan pecahkan atau mengupas atap lepuhnya untuk menghindari terjadinya infeksi pada luka. Penyembuhan luka akan lebih baik jika masih ada kulit yang menempel.
  3. Untuk perawatan harian, Anda dapat melakukan kompres terbuka menggunakan cairan normal saline yang berguna untuk meredakan kemerahan, memberi rasa nyaman pada kulit yang terbakar dan mengatasi pelebaran pembuluh darah yang berlebihan. Gunakan 2 kali sehari, masing-masing selama 30 menit.
  4. Yang tak kalah penting, Anda disarankan untuk tetap mandi 2 kali sehari untuk menjaga kulit tetap higienis. Biarkan luka Anda terbilas oleh air yang mengalir, gunakan sabun pelembap yang bagus, lalu keringkan tanpa menggosoknya. Setelah kering, kompreslah seperti langkah nomor 3. Dan apabila dokter memberikan krim antibiotik oles, lakukanlah segera setelah Anda mengompresnya. Saat dalam keadaan lembap, kulit akan menyerap obat dengan sangat baik.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?