Health & Diet
Jika Harus Dioperasi

20 Nov 2011

Bersiap-siaplah menghadapi kemungkinan terburuk, Anda harus dirawat inap atau bahkan dioperasi. Dalam kondisi itu, ada 2 hal penting yang harus Anda pikirkan, yaitu:

• Anda mungkin membutuhkan pendamping yang dapat membantu perawatan Anda selama dan setelah dirawat di rumah sakit. Beruntung jika Anda berlibur bersama keluarga atau teman. Tapi, jika tidak, segera hubungi keluarga atau teman yang bisa menyusul Anda. Bila tidak ada satu pun orang yang Anda kenal, mintalah asisten pendamping dari agen tour & travel Anda (lihat juga: Hubungi Konsulat).

• Jika Anda harus dioperasi, rumah sakit akan meminta persetujuan keluarga. Tapi, jika tidak ada keluarga yang bisa mendampingi, biasanya rumah sakit akan menelepon keluarga Anda di tanah air untuk meminta persetujuan. Lain halnya jika tindakan operasi yang dilakukan adalah tindakan darurat, dan Anda sudah dalam keadaan kritis. Pihak rumah sakit akan tetap mengambil tindakan tanpa perlu meminta persetujuan keluarga.

• Minta surat keterangan dari rumah sakit untuk permohonan memperpanjang visa dan pemberitahuan ke Konsulat Jenderal Indonesia di kota itu. Pihak rumah sakit juga akan mengeluarkan surat keterangan untuk kantor polisi setempat mengenai perpanjangan Anda tinggal.

• Bila Anda memesan tiket roundtrip (pulang-pergi), jangan lupa menghubungi perusahaan maskapai penerbangan, untuk menjadwal ulang tiket penerbangan pulang, sesuai dengan tanggal perkiraan Anda keluar dari rumah sakit. Bila Anda terlalu lemah,  mintalah orang lain untuk membantu.

Eka Januwati


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?