Food Trend
Jenis Telur di Pasaran

25 Nov 2013


Di pasaran, banyak beredar telur ayam dalam kemasan dengan klaim keunggulan kandungan nutrisinya. Apa, sih, keistimewaannya?

1. Telur Omega 3
Memiliki kandungan omega 3 yang lebih tinggi dibanding telur ayam biasa. Sebagai perbandingan, pada label salah satu produk telur omega 3 tertulis bahwa sebutir telur biasa seberat 60 g mengandung omega 3 sebesar 38 mg, sedangkan pada telur omega 3 kandungannya bisa mencapai 618 mg. Kandungan omega 3 yang tinggi pada telur ini didapat dari pakan ayam yang sengaja diformulasi dengan lemak omega 3 tinggi, sehingga telur yang dihasilkan pun kaya omega 3.

2. Telur Rendah Kolesterol
Kandungan kolesterolnya minimal lebih rendah 25% dari telur lain. Umumnya dihasilkan dari ayam yang pakannya selain diberi jagung atau beras juga ditambahkan ampas buah merah yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda (poly unsaturated fatty acid/PUFA) yang tinggi sehingga dapat menekan kadar kolesterol.

3. Telur Kaya Vitamin A
Didapat dari ayam yang pakannya banyak mengandung zat karotenoid (pro-vitamin A), seperti jagung dan ampas buah merah. Telur yang kaya vitamin A ditandai dengan kuning telur yang warnanya kemerahan.

4.  Telur Ayam Arab
Sekilas, telur ayam arab mirip telur ayam kampung. Ukurannya sama-sama kecil dengan kerabang berwarna putih kecokelatan. Kuning telur ayam arab lebih jingga/merah dibandingkan telur ayam kampung. Ini disebabkan oleh tingginya kandungan betakaroten dan omega 3 di dalam telur ayam arab. Telur ayam arab ini sesungguhnya dihasilkan oleh ayam petelur hasil persilangan ayam ras lokal (leghorn) dan ayam arab. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?