Health & Diet
Jangan Sepelekan Sakit Kepala!

4 Oct 2011

Jika sering mengalami sakit kepala dengan gejala yang tidak terlalu berat dan muncul tiba-tiba, sebaiknya Anda waspada! Sekitar 70 persen kasus sakit kepala disebabkan ketegangan otot akibat kelelahan, stres, dan depresi.

Sakit kepala ringan bisa diredakan dengan istirahat cukup dan minum obat. Namun, sakit kepala yang lebih berat, seperti migrain dan vertigo, tidak cukup disembuhkan dengan istirahat. Ternyata, gaya hidup sehat dan pola makan turut memengaruhi sakit kepala Anda. Karena itu, ubah gaya hidup dan pola makan Anda menjadi lebih sehat, seperti berolahraga rutin dan berhenti merokok.

Ini tip untuk meringankan gejala sakit kepala ringan.

1. Tidur yang cukup
Istirahatkan tubuh Anda agar sakit kepala yang dipicu rasa lelah dan ketegangan selama bekerja bisa diredam.

2. Minum air putih
Bisa jadi, sakit kepala Anda disebabkan oleh dehidrasi. Pilih air putih biasa atau hangat, karena air dingin bisa bikin kepala tambah sakit.

3. Lakukan latihan pernapasan
Udara segar yang cukup oksigen bisa memperlancar pernapasan. Tarik napas dalam-dalam, lalu buang perlahan. Lakukan berulang kali hingga Anda merasa lega.

4. Pijat
Lakukan pijatan lembut di kedua pelipis kepala dengan gerakan melingkar, lalu lanjutkan ke arah dahi. Pijatan sederhana yang dilakukan berulang-ulang dapat meredakan rasa nyeri di kepala. Lakukan sambil menghirup aromaterapi yang melegakan. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?