Money
Jakarta Kota Mahal?

16 Jun 2014


Bila dibandingkan dengan Hong Kong atau New York, ternyata hidup di Jakarta justru lebih mahal. Meskipun harga produk kelas menengah atas yang sama di sini lebih murah, penduduk ibu kota justru menghabiskan porsi pendapatan yang lebih besar dibandingkan kedua kota tersebut. Fakta ini ditemukan dalam survei yang dilakukan IPSOS Business Consulting,  akhir Februari 2014.
   
Menurut survei ini, harga secangkir cappuccino dari toko kopi retail Jakarta separuh lebih murah dari toko yang sama di Hong Kong. Tapi, orang Jakarta menghabiskan 1,12% dari gaji rata-ratanya (Rp2.950.000) untuk kopi ini, sementara orang Hong Kong hanya menghabiskan 0,28% dari gaji rata-ratanya (Rp17.668.000). Artinya, harga secangkir kopi ini 75% lebih mahal di Jakarta daripada di Hong Kong. Dengan pendekatan sama, harga kopi ini di Bangkok lebih murah 35% (gaji rata-rata Rp5.592.000).
   
Lain lagi halnya untuk tiket bioskop. Harga tiket bioskop pada malam Minggu di Jakarta bahkan tidak sampai setengahnya dari di New York. Tapi, membandingkan gaji rata-rata penduduk Jakarta dan New York (Rp37.345.000), akhirnya tiket bioskop di Jakarta menjadi 73% lebih mahal ketimbang di New York!(f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?