Money
Investasi Saham dan Obligasi

6 Feb 2012

Dengan diraihnya Investment Grade, dana pensiun asing dan asuransi asing boleh berinvestasi di Indonesia. Kedua lembaga ini akan menempatkan dana mereka di instrumen pasar modal, sehingga harga saham dan obligasi ikut naik.

Risikonya, nilai saham ini fluktuatif, atau naik turun, bergantung pada kondisi perekonomian secara makro (nilai suku bunga dan nilai tukar uang), serta isu-isu (sosial, politik, ekonomi) yang berpengaruh terhadap stabilitas suatu negara. “Ketika kondisi pasar turun, maka Anda harus menjual saham, dan menyimpan dana Anda dalam bentuk deposito untuk mengurangi kerugian. Ketika pasar membaik, Anda bisa membeli saham lagi,” ungkap perencana keuangan Mike Rini Sutikno.

Obligasi tingkat risiko investasi yang rendah, namun risikonya sedikit diatas instrumen pasar uang. Risiko terbesarnya adalah adanya kemungkinan penerbit obligasi tidak dapat membayar kembali utangnya. Agar hal ini tidak sampai terjadi, ada lembaga pemeringkat yang memberikan peringkat terhadap obligasi yang dikeluarkan. Dari sini Anda bisa mengecek besar risiko gagal bayar obligasi tersebut. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?