Money
Investasi Properti

21 May 2012

Jika tertarik mencoba berinvestasi di bidang properti yaitu apartemen/kondominium Anda harus mencermati trik-triknya. Apa pun jenis propertinya –rumah, ruko, termasuk apartemen– harus diperhatikan lokasinya karena akan menentukan nilai properti tersebut kelak. Selain lokasi, ada hal lain yang perlu dicermati. 

Pertama, sumber dana Anda. Apakah dana tunai sekaligus, tunai bertahap, atau dengan KPA. Perlu dipertimbangkan juga biaya notaris, biaya appraisal, dan suku bunga (apabila Anda menggunakan KPA). Sebab, sumber dana ini akan membedakan tingkat penghasilan Anda ketika menjual properti tersebut di kemudian hari. 

Kedua, Anda harus mencermati kondisi/status surat-surat apartemen yang bersangkutan, apakah strata title, lease hold, atau bagaimana. Apabila Anda membeli unit tersebut dari pihak lain (bukan developer), cari tahu terlebih dahulu apakah ada masalah dengan pemilik sebelumnya,  misalnya PBB atau service charge yang belum dibayarkan. 

Ketiga, perhatikan lingkungan sekitar apartemen dan fasilitas apartemen tersebut. Adanya fasilitas di sekitar apartemen, seperti rumah sakit, sekolah, pasar swalayan, dan fasilitas di apartemen itu sendiri, seperti kolam renang, tempat bermain anak-anak, dan fitness centre, cenderung akan membuat nilai apartemen lebih baik dibandingkan apartemen yang minim fasilitas. Hal lain yang juga penting adalah kualitas property manager, komunitas penghuni apartemen, dan lainnya. 

Konsultan Finansial: Lilis Setiadi


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?