Money
Investasi Barang Seni

12 Oct 2012


Apakah hobi mengoleksi barang-barang ini bisa menjadi semacam investasi yang menguntungkan, atau hanya akan memenuhi rumah kami saja nanti?

Menurut Ligwina Hananto, Perencana Keuangan Independen, barang koleksi bisa saja kita akui sebagai aset. Tapi, tentu saja perlu persyaratan tertentu. Misalnya, gitar. Jika saya yang mengoleksi, tidak akan begitu bernilai. Tapi, gitar milik Dewa Budjana lain lagi ceritanya. Nilainya pasti sangat tinggi.
Jadi, jika Anda memiliki barang koleksi, perhatikan hal berikut: nilai barang itu sendiri, bagaimana cara menjualnya, dan lingkungan untuk barang tersebut. Barang seni seperti lukisan akan memiliki lingkungan yang berbeda dengan barang koleksi seperti action figure atau jam tangan merek tertentu. Cari tahu lebih banyak melalui network orang-orang yang bergelut di bidang seni. Biasanya, barang seni sudah ada kurator profesional yang menaksir harga barang.
Perlu juga kita perhatikan, barang seni seperti apa yang akan dikoleksi. Jika memang ini adalah hobi yang ingin dibawa serius, coba belajar lagi. Tren lukisan seperti apa yang nilainya meningkat. Atau, pelukis mana yang namanya mulai dikenal. Juga tata cara jual beli barang seni itu sendiri. Jangan sampai koleksi Anda ternyata tidak memiliki nilai jual. (PSS)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?