Trending Topic
Internet & Anak: Sepakati Aturan Main!

27 May 2014

Teknologi hanya membantu Anda melindungi anak, namun kuncinya ada pada kesadaran anak. Jadi, berikan pemahaman kepada anak bahwa banyak risiko perilaku di dunia maya disebabkan oleh sikap penggunanya sendiri.

Direktur Eksekutif ICT Watch dan penggiat Internet Sehat Donny Budi Utoyo menyarankan, “Ajaklah anak bicara dan susun aturan main yang disepakati bersama untuk aktivitasnya di dunia maya.”

Kesepakatan aturan main ini bisa meliputi banyak hal. Beberapa di antaranya berapa lama waktu yang boleh mereka habiskan dalam sehari untuk bermain game dan aplikasi lainya, situs web apa saja yang boleh dan terlarang untuk dilihat, kapan mereka harus mematikan komputer dan ponsel, jangan sembarangan memunggah dan berbagi foto, serta aturan dalam menggunakan webcam. Dan yang terpenting, apa pun yang terjadi, anak jangan pernah setuju untuk bertemu dengan orang yang hanya dikenalnya di dunia maya.

5 Kiat Jitu Perilaku Aman di Dunia Online
Sumber: Think Big & ICT Watch
  1. Selalu hindari posting data atau informasi pribadi, seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat rumah/sekolah, dan nomor telepon.
  2. Ingat dan simpan password Anda untuk diri sendiri.
  3. Pastikan selalu log off.
  4. Waspadalah jika berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal.
  5. Patuhi batasan umur yang telah ditetapkan di situs media sosial.

RAHMA WULANDARI
 


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?