Sex & Relationship
Indung Telur Tinggal Satu, Sulit Hamil?

12 Dec 2011

Tanya:
Setahun lalu, saya mengalami hamil di luar kandungan, sehingga saya terpaksa menjalani operasi caesar. Dokter mendeteksi ada kista berdiameter 5 cm dalam indung telur sebelah kanan saya, dan harus diangkat. Setelah operasi itu, saya tak kunjung hamil lagi. Padahal, saya sudah berobat ke dokter, minum pil penyubur, dan mencoba pengobatan alternatif. Dokter pernah menyarankan agar saya melakukan HSG (peniupan). Bisakah Dokter jelaskan tentang seluk-beluk metode HSG? Apakah saya sulit hamil karena satu indung telur saya sudah diangkat?


Jawab:
Umumnya, kendati satu indung telur sudah diangkat, Anda tetap dapat hamil. Kehamilan akan sulit terjadi bila saluran telur Anda tersumbat. Mengingat Anda pernah mengalami hamil di luar kandungan, risiko mengalami sumbatan saluran telur jadi lebih tinggi.
    Karena itu, saran dokter agar Anda menjalani pemeriksaan HSG (histerosalpingografi) sangat tepat. Pemeriksaan yang akan dilakukan dokter spesialis radiologi ini sebaiknya dilakukan segera setelah haid selesai. Prosesnya, melalui selang yang amat halus, dokter akan memasukkan sejenis cairan ke dalam rongga rahim hingga mengisi seluruh saluran rahim. Kemudian, dilakukan foto rontgen pada bagian tersebut. Hasil foto rontgen rahim dan saluran telur itu dapat menentukan ada tidaknya sumbatan pada saluran telur, atau ada tidaknya kelainan pada rongga rahim.
    Efek samping pemeriksaan ini kecil sekali. Yang dapat terjadi, biasanya alergi terhadap cairan yang diberikan. Risiko infeksi yang juga mungkin terjadi pada organ reproduksi, umumnya bisa diatasi dengan pemberian antibiotika, yang biasanya sudah dimulai sejak sebelum pemeriksaan dilakukan. (f)

 

polling
Pengeluaran Terbesar di Akhir Tahun

Pergantian tahun identik dengan bersenang-senang, seperti libur panjang dan sale di sejumlah pusat perbelanjaan.

Di akhir tahun, pengeluaran terbesar Anda adalah untuk...