Food Review
Ikon Rujak Surabaya

16 Dec 2011

Mungkin, bagi sebagian orang rujak cingur termasuk kategori extreme food  karena mengandung cingur, alias moncong sapi, dalam bahannya.  Jika Anda termasuk salah satu yang berpikiran sama, sebaiknya jangan tunjukkan sikap apatis  ini di depan orang Surabaya, kota asal makanan ini. Di mata mereka, rujak cingur adalah ikon.

Wong Suroboyo yang kangen menikmati rujak cingur bisa mampir ke rumah makan Amoris. Sederhana, tapi bertahan menyajikan masakan Jawa Timur sejak 16 tahun lalu. Jika ditelaah, kenyataan ini membuktikan bahwa walau kedai yang meracik kejujuran masakan sehari-hari tak kelewat booming dibanding resto berkonsep modern,  masakan rumahannya konsisten dicari masyarakat.

Rujak cingur superpedas merupakan menu paling dicari. Petis udang Surabaya yang gurih dan manis diulek kasar dengan kacang tanah dan   cabai rawit merah. Diencerkan sedikit dengan air, hingga konsistensinya pas menyaluti cingur. Cingur diolah dengan cara direbus hingga lunak, dan digoreng sebentar. Tak menghilangkan kekenyalan teksturnya yang mirip jeli, justru yang diincar. Isian lainnya berupa taoge, kangkung rebus, bengkuang, mentimun, dan lontong.  

Porsi ringan tahu campur pas disambung dengan rujak. Tahu goreng dipotong-potong, bersama kentang rebus, singkong, taoge, daun selada, dan mi. Disiram kaldu berisi daging sapi dan kikil. Greng tambahan datang dari kerupuk bawang yang dihancurkan sebagai topping. Seru, ‘kan? Sudahi dengan membawa pulang sepincuk Pecel Madiun. Pecel bersambal tempe semangit (tempe yang belum jadi) yang dicampur kacang dan cabai atau tempe gembus goreng yang lezat.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.75C, Ciputat, Tangerang. Telp: (021) 749 2589. Jam buka: 16.00 – 22.00 WIB. Harga*): Rp2.000 – Rp23.000. Suasana: Dua ruko yang digabung jadi satu,  dapat menampung sekitar 70 tamu.  

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.

Berlianti Savitri


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?