Reviews
Heston Blumenthal At Home

29 Jul 2012


Penulis      : Heston Blumenthal
Harga        : US$60.00 (amazon.com)
Penerbit    : Bloomsbury

Tak perlu diragukan, nama Heston Blumenthal yang fenomenal menjadi salah satu daya tarik buku ini. Chef pemilik Fat Duck,  resto di London yang meraih banyak penghargaan, ini sempat menuai kontroversi seputar teknik molecular gastronomy yang diterapkan pada  menu-menunya yang cukup ekstrem. Di sebuah situs koran Inggris, Heston menegaskan bahwa setiap inovasi unik awalnya pasti sulit diterima.
 
“Namun jangan heran jika suatu saat inovasi tersebut justru digunakan banyak orang dalam berkarya,” tambahnya. Serangkaian eksperimen intensif guna menciptakan sajian yang memuaskan dan ‘aman’ sudah dilakukan Heston. Untuk satu menu molecular saja, ia bisa menghabiskan waktu beberapa hari untuk uji coba. Termasuk kala dia menyelesaikan resep-resep rumahan yang ada di dalam buku ini.

Sejumlah menu seperti salad, sup, daging, ikan, saus, pasta, dessert dan camilan ringan dibuat dengan resep sederhana namun memakai teknik yang lebih sulit dari biasanya. Dimasukkan unsur ilmiah dan teknologi ke dalam setiap resepnya. Contohnya Nitro Scrambled Egg and Bacon Ice Cream. Bayangkan, sajian penutup ini diracik dari telur bebek yang dicampur daging asap, lalu dicelupkan ke dalam nitrogen cair, dan diolah menjadi es krim.

Sejumlah bahan ‘ajaib’ layaknya washing-up sponge, dry ice,  atau lecithin kedelai pun terkadang nyemplung di dalam beberapa resepnya. Tak perlu takut mencoba! Siapa tahu bisa menginspirasi rekan atau keluarga Anda saat bertandang ke rumah.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?