Trending Topic
Hati-Hati
Kepleset di Social Media

27 Sep 2011

‘Kepleset’ di dunia maya bisa membuat reputasi seseorang jatuh terpuruk. Dan sebaliknya, insiden ‘kepleset’ di dunia nyata juga bisa dengan cepat akan menjadi perbincangan di dunia maya. Hal ini pernah dialami pelantun tembang Your Body is a Wonderland, John Mayer. Gara-gara keceplosan bicara rasis yang menyinggung warga kulit hitam di AS, dalam wawancara dengan sebuah majalah, ia harus rela kehilangan 3,7 juta follower-nya setelah akhirnya ia terpaksa menutup akun twitter miliknya, September 2010 lalu. 

Untuk menghindari insiden ‘kepleset’ di media sosial, penggiat blog dan media sosial, Enda Nasution dan sosiolog Roby Muhamad, memberi tip:

1. Twitter bukan ruang pribadi, karena itu, sebaiknya tidak menjadikan twitter seenaknya, atau sebagai outlet kekesalan, kemarahan, dan lainnya.

2. Jika ingin kebebasan dalam arti sesungguhnya, harus dilakukan secara sadar. Caranya: lakukan lock setting pada status media sosial dan kalau perlu menggunakan nickname. 

3. Jangan tulis sesuatu yang tidak akan kita ucapkan kalau kita bertemu dengan orangnya secara langsung. “Gunakan common sense seperti halnya berinteraksi sosial di dunia nyata,” jelas Roby. 

4. Hargai hak individu. “Kalau tidak suka, tinggal unfollow. Sah-sah saja jika terkadang orang bisa jago ngomongin politik, terkadang ingin sekadar tweet sedang main dengan anak, doing silly things. Masa nggak boleh?” ujar Roby. 

5. Bagi public figure, tentu dia harus lebih berhati-hati. Orang sudah punya ekspektasi tertentu, karena itu dalam berucap, bertindak, ia diharapkan sesuai dengan ekspektasi itu. 

6. Dalam keadaan marah, emosi memuncak, sebaiknya jangan nge-tweet, atau nge-blog. Tunggu sampai kepala dingin. 

7. Dalam menanggapi komentar, sebaiknya fokus pada masalah, jangan menyerang orangnya. 

8. Jangan takut untuk meralat atau minta maaf, jika Anda memang salah. 

Ficky Yusrini



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?