Food Trend
Handi Mulyana, Perfeksionis, Kesayangan Pesohor Dunia

4 Jan 2016


Tak ada yang bisa menebak jalan hidup seseorang, termasuk Handi Mulyana, pria asli Sunda yang kini beken sebagai salah satu cake artist yang diperhitungkan di Australia. Ditemui kala menjadi bintang tamu di lokasi kursus cake Sugar World Academy, Jakarta, pria kocak yang senang bicara cas cis cus ini sangat humble, walau deretan kliennya antara lain Oprah Winfrey, Nicole Kidman, Rihanna, dan Celine Dion.

Kecintaan pemilik Handi’s Cake yang berbasis di Sydney pada dunia baking tak lepas dari pekerjaan sang ayah, Mulyana Suwarna, yang tiap hari mengurus toko kue warisan kakeknya. “Kegiatan ayah saya yang kerap berteman dengan tepung, telur, gula, dan ragi, ternyata terekam dengan baik di memori saya,” papar penggila peanut butter ini.
Selepas sekolah menengah atas di tahun 1994, Handi hijrah ke Sydney demi menekuni pendidikan di bidang Hotel Management di William Blue College   “Saya memulai karier di dunia cake decorating di Sydney dan London."

Ia lalu mendirikan Handi's Cake, sebuah workshop tempatnya menuangkan seni membuat cake, sekaligus pusat belajar membuat cake yang juga mendatangkan cake artist terkenal.   
Tak jarang, penggila karya-karya Handi rela terbang melintasi  negara dan benua hanya untuk belajar pada Handi. Sebaliknya, Handi pun antara lain telah terbang ke India, Qatar, UAE, AS, Spanyol, dan Jerman, untuk mengajar. Para murid menyukai karakternya dalam mengajar, yakni ramah tapi tegas, serta perfeksionis. Dalam seminggu, ia bisa menghabiskan waktu di dua atau tiga negara berbeda. Sebagai seniman, kebahagiaannya justru saat  karyanya bisa sukses diaplikasikan oleh tangan-tangan baru yang telah dicetaknya!

5 Fakta Handi
1.    Bergelut sejak usia 10 tahun di toko roti Ten Keng Cu, Cianjur, milik keluarga.
2.    Ngotot minta disekolahkan ke Sydney untuk belajar pastry dan bakery, meski sempat tak disetujui sang ayah.
3.    Terbang dari Sydney ke Bandung demi membuat wedding cake untuk pernikahan adik. Cake setinggi  4,1 meter yang sekaligus mendapat penghargaan MURI sebagai wedding cake tertinggi di Indonesia.
4.    Tantangan menahan diri terberat? Saat diminta tim Oprah Winfrey untuk merahasiakan proyek cake hingga usai.
5.    Bercita-cita punya acara kuliner di televisi.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?