Health & Diet
Gunakan Sunscreen Sesuai Aturan

22 Dec 2011

Baru-baru ini para dokter dari jaringan praktisi medis terbesar di Amerika Serikat, Mayo Clinic, mengingatkan kembali pentingnya pemakaian sunscreen (tabir surya) sesuai aturan. Ya, seiring meningkatnya kesadaran akan manfaat cahaya matahari, bertambah pula kesadaran akan pentingnya mencegah penuaan dini dan kanker kulit (keduanya bisa ditimbulkan dari paparan sinar matahari berlebihan).

Para dokter mengatakan, dosis sunscreen untuk orang dewasa cukup satu ounces (sekitar 2,8 gr atau 2 sendok makan), dioleskan ke seluruh bagian tubuh 15-30 menit sebelum keluar rumah. Pastikan sunscreen tersebut mampu menangkal UVA dan UVB, dua jenis sinar yang dapat merusak kulit. Sun protector factor (SPF) 15 berarti sunscreen tersebut dapat menangkis 93% UVB, dan kulit bisa bertahan di bawah sinar matahari (sebelum terbakar) 15 menit lebih lama dibanding kondisi biasa. 

Pilih pula sunscreen yang mengandung bahan pengikat air, terutama jika Anda berencana untuk berenang. Sesuaikan bahannya dengan jenis kulit: krim untuk Anda yang berkulit kering, oil free untuk Anda yang berkulit berminyak. Bagi Anda yang berkulit sensitif, pilihlah sunscreen yang hanya mengandung zinc oxide atau titanium oxide, karena hanya kedua bahan itulah yang cukup lembut bagi kondisi kulit Anda.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?