Health & Diet
Gumpalan Darah Di Otak

28 Feb 2014


Sekitar sebulan lalu, saya (33) didiagnosis memiliki gumpalan darah di bagian otak yang masih dalam tahap ringan. Faktor apa yang menyebabkan penggumpalan darah ini? Apakah ada hubungannya dengan kebiasaan merokok?

Dea - Yogyakarta

Menurut Dr. Kartono Mohamad, berbagai penelitian menemukan, bahwa kebiasaan merokok memang bisa memicu terjadinya pembekuan darah (trombosi) di dalam pembuluh darah. Saat merokok, nikotin, karbon monoksida, dan bahan-bahan beracun lain yang terdapat dalam asap rokok akan tersiap oleh tubuh.

 Dalam proses tersebut, semua zat beracun yang terisap akan merusak dinding dalam pembuluh darah (endotel). Hal ini mempermudah terjadinya penggumpalan darah, yang dalam proses selanjutnya, akan membentuk thrombus. Nah, apabila thrombus lepas dan mengalir ke jantung, maka akan menyebabkan serangan jantung. Dan, jika thrombus lepas lalu mengalir ke otak, maka aman menimbulkan stroke. Jadi jika Anda memang perokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan merokok.

Penyebab lain yang juga ditengarai bisa jadi pemicu penggumpalan darah pada wanita muda, yakni penggunaan pil KB. Bila demikian yang terjadi pada Anda, ada kemungkinan darah Anda sensitif terhadap penggunaan alat kontrasepsi tersebut. Karena itu, Anda sebaiknya segera beralih pada alat kontrasepsi lain.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?