Health & Diet
Gejala Sinusitis

30 Nov 2014


Sudah hampir satu tahun, tiap pagi atau saat udara dingin, saya (33) selalu pilek (meler). Apakah ini termasuk gejala sinusitis? Atau mungkin penyakit lain?

Nia - Bogor 

Kemungkinan Anda menderita rinitis alergi, sebab Anda mengalami meler saat kena udara dingin saja. Gejala rinitis alergi antara lain bersin-bersin, gatal di hidung, mata, telinga, atau langit-langit mulut. Hidung mengeluarkan cairan, hidung tersumbat, penciuman terganggu, sakit kepala, sakit di bagian telinga, mata merah  dan bengkak.
    Sedangkan sinusitis ditandai dengan nyeri di pipi dan menyebar ke daerah frontal atau gigi. Warna kemerahan di hidung, pipi, atau kelopak mata. Selain itu, hidung akan tersumbat, menurunnya daya penciuman secara drastis (hyposmia). Untuk mengetahui secara pasti gejala yang Anda derita, sebaiknya Anda segera memeriksanya ke dokter spesialis THT.(f)





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?