Menurut Nurlia Khoirunnisaa’, Konsultan Experd, cara termudah yang bisa dilakukan ialah melakukan pendekatan khusus. Ajak atasan ngobrol masalah sehari-hari, berkeliling ruangan kantor sambil menjelaskan hal-hal umum yang terjadi di sini. Buat atasan mengerti dengan memberikan pemahaman mengenai budaya kerja maupun birokrasi yang berlaku di Indonesia, tanpa menjelek-jelekkan atau menceritakan hal-hal yang bisa memperburuk citra negeri ini.
Anda harus bijak menyikapi perbedaan pandangan dari atasan. Yang perlu Anda kemukakan adalah solusi. Jelaskan dengan detail mengenai peraturan-peraturan dan prosedur di Indonesia. Lengkapi dengan informasi tip atau strategi untuk menghadapi birokrasi tersebut.
Mengenai perbedaan bahasa, bisa diatasi dengan membiasakan membuat pesan tertulis. Semua instruksi dan memo harus dalam bentuk tertulis, serta lakukan konfirmasi ulang sebelum Anda mengerjakannya untuk memastikan persepsi Anda sudah sama dengan atasan. Hal ini bisa menghindari timbulnya kesalahpahaman.
Setelah komunikasi terjalin baik dengan atasan dan rekan kerja, Anda juga perlu mencari jalan agar tetap merasa nyaman saat di kantor. Triknya, baca di sini (f)