Career
Gegar Budaya di Perusahaan

7 May 2012

Bekerja di perusahaan multinasional, tentunya Anda harus berhubungan dengan CEO yang kemungkinan besar berbeda latar budaya dengan Anda. Tanpa disadari  perbedaan bahasa serta budaya ini cukup mengganggu alur kerja karena terjadi banyak kesalahpahaman.  Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Menurut Nurlia Khoirunnisaa’, Konsultan Experd, cara termudah yang bisa dilakukan ialah melakukan pendekatan khusus. Ajak atasan ngobrol masalah sehari-hari, berkeliling ruangan kantor sambil menjelaskan hal-hal umum yang terjadi di sini. Buat atasan mengerti dengan memberikan pemahaman mengenai budaya kerja maupun birokrasi yang berlaku di Indonesia, tanpa menjelek-jelekkan atau menceritakan hal-hal yang bisa memperburuk citra negeri ini. 

Anda harus bijak menyikapi perbedaan pandangan dari atasan. Yang perlu Anda kemukakan adalah solusi. Jelaskan dengan detail mengenai peraturan-peraturan dan prosedur di Indonesia. Lengkapi dengan informasi tip atau strategi untuk menghadapi birokrasi tersebut.

Mengenai perbedaan bahasa, bisa diatasi dengan membiasakan membuat pesan tertulis. Semua instruksi dan memo harus dalam bentuk tertulis, serta lakukan konfirmasi ulang sebelum Anda mengerjakannya untuk memastikan persepsi Anda sudah sama dengan atasan. Hal ini bisa menghindari timbulnya kesalahpahaman.
 
Setelah komunikasi terjalin baik dengan atasan dan rekan kerja, Anda juga perlu mencari jalan agar tetap merasa nyaman saat di kantor. Triknya, baca di sini  (f)


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?