Career
Gali Kemampuan

2 Nov 2012


Dalam interview untuk posisi manajer, menurut Sylvina Savitri konsultan karier dari Experd, ada beberapa pertanyaan penting yang umumnya ditanyakan untuk mengukur kemampuan manajerial para kandidat. Pertanyaan-pertanyaan tersebut saling terkait satu sama lain:
  1. Keputusan tersulit apa yang pernah Anda buat dalam satu tahun terakhir? Pertanyaan ini untuk mengetahui kemampuan Anda dalam aspek problem solving, decision making, dan planning. Sebaiknya, jawablah pertanyaan dengan menunjukkan pengalaman Anda dalam menyelesaikan permasalahan di tempat kerja terdahulu. Jelaskan pertimbangan Anda dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Apakah pertimbangan waktu, biaya, tim kerja, dan lain sebagainya
  2. Permasalahan apa yang Anda temui saat memimpin sebuah tim? Pertanyaan ini biasanya diajukan untuk mengukur kemampuan analysis problem dan team leadership. Tak ada salahnya menceritakan gaya kepemimpinan yang Anda mainkan, keberhasilan dalam membawa tim menyelesaikan masalah, serta apa yang Anda lakukan untuk mengembangkan kemampuan individu dalam tim.
  3. Prestasi apa yang pernah Anda torehkan saat perusahaan menghadapi masalah? Pertanyaan ini untuk mengukur business acumen Anda. Ceritakan secara detail peristiwa yang terjadi dan apa yang telah Anda lakukan untuk kemajuan perusahaan.     
  4. Dalam satu tahun terakhir, inisiatif apa yang Anda kemukakan untuk kemajuan perusahaan Anda? Inilah pertanyaan yang bisa menilai kemampuan strategic thinking dan business orientation Anda. Ceritakan pemahaman Anda terhadap situasi internal dan eksternal perusahaan dan bagaimana Anda menggunakannya untuk pengembangan rencana jangka panjang perusahaan. Kemukakan pula pertimbangan, tindakan, dan rencana bisnis berdasarkan efisiensi sumber daya untuk pertumbuhan perusahaan. (f)


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?