Money
Gaji untuk Sopir 

1 Oct 2012

Ada banyak pola gaji untuk seorang sopir di kota besar seperti Jakarta. Biasanya dimulai dengan gaji pokok. Jumlah gaji pokok ini sangat bervariasi, mulai dari Rp500.000 hingga Rp2.000.000 per bulan, tergantung dari pengalaman dan lama bekerja. 

Kemudian ada uang harian. Uang harian ini pun bervariasi berdasarkan tempat Anda tinggal atau tempat sopir ini akan banyak menunggu. Misalnya, sopir ini digunakan untuk mengantar kegiatan sekolah, uang harian akan lebih rendah dibandingkan sopir yang mengantar kegiatan ke perkantoran atau mal. Anda bisa bertanya dulu kepada orang-orang sekitar Anda. Ada keluarga yang memberlakukan Rp20.000 hingga Rp50.000 per hari sebagai uang harian. Lalu ada lagi tambahan jika harus lembur hingga bekerja di atas pukul 18.00.

Saya berkeyakinan para asisten rumah tangga berperan besar untuk membuat hidup keluarga kita lebih baik, terutama untuk Anda yang bekerja. Karena itu kesejahteraan mereka harus kita perhatikan. Selain paket remunerasi (gaji, uang harian, dan lembur), Anda juga perlu mempertimbangkan soal THR dan bonus. Selain upah kas, Anda perlu juga mempertimbangkan non cash benefit seperti asuransi kesehatan, pinjaman lunak, dan edukasi keuangan. Semua tentu saja harus Anda sesuaikan dengan kemampuan keuangan keluarga. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?