Home Interior
Fungsi Area Dapur Mungil

5 Sep 2014


Punya dapur kecil  dan sempit jangan dijadikan  alasan Anda jadi tidak suka turun ke dapur.  Sekarang banyak ide desain untuk memaksimalkan  dapur mungil menjadi nyaman digunakan dan memenuhi semua fungsi dapur yang utama, sama seperti dapur ukuran besar.

Yang dimaksud  dengan dapur kecil untuk masa sekarang adalah area dapur berukuran antara 5 m² - 10 m². Bentuk dapur kecil yang ‘menantang’ misalnya yang  berbentuk kotak kecil dan hampir tidak bisa memuat kulkas dan kompor  juga bentuk ruang yang tidak simetris.

Kendala dapur kecil umumnya terletak pada ruang gerak yang menjadi sangat terbatas, padahal aktivitas di dapur  memerlukan mobilitas tinggi.  Keterbatasan ruang simpan juga menjadi masalah, demikian pula  cara memilh perlengkapan dapur yang memadai namun tidak memenuhi ruang sempit itu.

Fungsi Area

Pertimbangkan fungsi/penggunaan untuk tiap bagian dapur Anda. Rancang lima area terpisah, yaitu untuk persiapan memasak, memasak, pembersihan/cuci, memanggang, dan area simpan makanan. Tiap area tidak perlu besar.
1. Tempatkan area persiapan makanan di antara lemari es dengan pembuangan sampah di dekatnya. Gunakan area ini untuk menyimpan pisau, talenan, alat ukur bahan makanan, blender, dan bumbu-bumbu penyedap/rempah-rempah.

2. Letakkan area memasak di salah satu ujung dapur yang mencakup kompor, oven atau microwave, tergantung pada kebiasaan cara Anda memasak. Gunakan area ini untuk menaruh panci dan wajan, peralatan masak, minyak, sarung tangan antipanas, dan peralatan kecil seperti pemanggang roti atau penggorengan. 

3. Area cuci/pembersihan diletakkan di antara area persiapan makanan dan area memasak. Di sinilah terdapat wastafel dan mesin cuci piring jika ada. Taruh lap piring dan wadah penyimpanan di sini juga. Piring yang digunakan sehari-hari bisa juga disimpan di sini. 

4. Tempat penyimpanan makanan ada di satu area bersama area pembersihan atau memasak. Ruang  inilah yang dapat digunakan untuk menyimpan loyang, rolling pin, mixer, mangkuk pencampur, dan buku masak.

5. Makanan ringan/camilan letakkan di area lalu lintas pengguna di antara kulkas, area cuci, dan memasak. Anda dapat menaruh microwave, alat pembuat kopi, dan aksesori dapur di sini.(f)


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?