Money
Financial Freedom

4 Dec 2012


Financial freedom adalah kondisi di mana kita tak lagi menggantungkan hidup pada pekerjaan sehari-hari. The ultimate goal of a financial plan is financial freedom. Robert Kiyosaki dalam bukunya Rich Dad Poor Dad menjelaskan tentang konsep bagaimana penghasilan dari aset aktif bisa lebih besar dari pengeluaran bulanan. Banyak orang menganggap, ini artinya kita semua harus punya bisnis.

Jangan salah, aset aktif yang dimaksud di sini bukan hanya dari bisnis. Aset aktif ada 3 jenis: bisnis, properti, dan surat berharga. Bisa saja Anda seorang karyawan yang tidak memiliki bisnis, tetapi memiliki properti dan atau surat berharga yang memberikan hasil sebesar pengeluaran bulanan. Jadi, mungkin saja Anda sudah mencapai financial freedom.

Tak hanya menambah aset, kita juga perlu memikirkan tujuan finansial. Apalah artinya punya bisnis, properti, dan surat berharga yang menghasilkan sejumlah uang, kalau tidak Anda urus. Saat anak masuk sekolah, Anda tidak punya uangnya. Saat mau berlibur, juga tidak ada dananya.

Maka, selain memiliki aset aktif, kita harus kembali ke basic. Kita perlu mengelola ‘gaji’ yang masuk dari pekerjaan dan aset agar bisa diinvestasikan secara rutin untuk mencapai tujuan finansial. Jadi, ini dua hal yang berbeda. Aset aktif bertugas menghasilkan uang. Investasi rutin bertugas mengumpulkan dan menumbuhkan sejumlah uang agar bisa digunakan di masa depan.(f)





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?