Tips
Empat Langkah Untuk Kulit Cantik

8 Jul 2014

Meski sepele, beberapa hal berikut ini wajib diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit setiap saat, termasuk ketika masa liburan tiba.

1.
Lembapkan Wajah di Siang Hari

Di siang hari, kondisi kulit wajah tidak lagi prima seperti di pagi hari. Apalagi jika sedang berlibur dan beraktivitas di luar ruangan. Sesekali, Anda perlu memberi kesegaran dengan hydrating mist. Pilih produk yang dapat memberi kelembapan pada wajah, cepat menyerap, namun tidak merusak riasan wajah. 

Jika ingin lebih alami, campur air mineral dengan potongan lemon dan mentimun, lalu simpan di dalam kulkas. Ketika ingin digunakan, masukkan campuran air tersebut ke dalam botol spray. Semprotkan ketika ingin memberi kesegaran pada wajah.  

Catatan:
Campuran tersebut hanya untuk 2 kali pemakaian. Buatlah campuran yang baru ketika ingin menggunakannya kembali.

2.    Good Bye, Sel Kulit Mati!

Pernahkah Anda  mengaplikasikan tata rias dasar, namun hasilnya tampak seperti noda karena tidak dapat menempel sempurna di kulit wajah? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh tumpukan sel kulit mati. Hindari dengan bantuan facial scrub. Lakukan dengan gerakan memutar sambil memberi pijatan ringan, kemudian basuh dengan air hangat.

3. Tabir Surya Itu Perlu

Jika Anda berpendapat bahwa Anda tidak perlu menggunakan tabir surya karena beraktivitas di dalam ruangan,  Anda salah besar. Paparan   sinar ultraviolet dari sinar matahari berkontribusi terhadap 90% gejala penuaan dini pada kulit.

Selain sinar UVC, ada juga sinar UVA  dan UVB. Sinar UVA mampu menembus kaca dan lapisan dermis kulit  secara lebih mendalam dibanding UVB.  Akibatnya, kulit mudah kehilangan elastisitas, berkerut, serta merusak serat yang berada di dalamnya.

Sinar UVB hanya merusak lapisan epidermis kulit dan memiliki intensitas tertinggi pada pukul 10.00 hingga 14.00. Dalam jumlah kecil, radiasi UVB bermanfaat untuk memberi vitamin D dalam tubuh. Namun, jika berlebihan, kulit tubuh akan tampak kemerahan dan terasa seperti terbakar.

Untuk itulah penggunaan tabir surya yang mampu membantu menangkal sinar UVA dan UVB sangat diperlukan. Saat beraktifitas pilihlah tabir surya minimal SPF 15. Oleskan secara berulang  tiap 6 jam sekali. Jika Anda beraktivitas di luar ruangan  yang panas seperti di pantai, gunakan tabir surya SPF 50.

Di pasaran tersedia berbagai jenis tabir surya. Pemilik kulit kering, gunakan tabir surya berbentuk krim.  Tekstur lotion, gel, atau foam sangat cocok untuk kulit berminyak cenderung berjerawat.

4. Bersih Maksimal

Setelah beraktivitas, bersihkan wajah secara maksimal. “Foundation hingga tabir surya yang melekat di wajah sulit dibersihkan jika hanya menggunakan facial wash. Gunakan cleansing lotion yang dapat membersihkan secara lebih mendalam tanpa membuat wajah menjadi kering,” saran Juliana Yu, MD.H Cosmetologist, CIBTAC, BABTAC, IPTI, ITAC, CIDESCO Dipl’l Int’l. Akhiri dengan pemberian toner.

“Sebaiknya, wanita   berusia di atas 25 tahun secara perlahan mulai meninggalkan facial wash dan beralih  pada cleansing lotion,” imbuhnya. Hal ini disebabkan kondisi kulit yang mulai membutuhkan kelembapan lebih banyak. Jika Anda masih sulit meninggalkan facial wash, batasi penggunaannya menjadi sehari sekali. Gunakan hanya pada pagi hari. Selesai beraktivitas, bersihkan wajah dengan cleansing lotion dan toner untuk mengangkat riasan dan sebum.


Anggia Hapsari




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?