Health & Diet
Diet Karbohidrat

11 Aug 2011

Berat badan sering kali cepat berubah, entah itu naik atau turun. Ketika berat badan yang diinginkan sudah tercapai, banyak orang yang mempertahankannya dengan menghindari makan nasi.Apakah diet dengan menghindari nasi adalah cara yang sehat dan aman?

Banyak kerancuan dan ketakutan berlebih sehubungan dengan nasi. Pada dasarnya, nutrisi yang ada pada nasi yang dapat menaikkan berat badan adalah kandungan karbohidratnya yang cenderung tinggi. Akan tetapi, masih banyak bahan makanan lain yang juga mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi, seperti jus buah atau buah itu sendiri. Kunci untuk menjaga berat badan ideal adalah bukan menghindari karbohidrat (yang sangat penting sebagai sumber energi dan bahan bakar utama untuk fungsi saraf), melainkan mengonsumsi asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan, dan dengan rasio yang benar antara karbohidrat/protein/lemak, yakni masing-masing 50%/20%/30%. (f)

Emilia E. Achmadi M.Sc., RD
Clinical Dietitian / Nutritionist


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?