Food Trend
Di Balik Cangkang Kerang

1 Dec 2011

Anda sering mengonsumsi kerang? Tahukah Anda beberapa hal ini?
  • Selain kaya nutrisi, daging kerang dipercaya sebagai bahan pangan aphrodisiac (pembangkit gairah). Karena, daging kerang juga mengandung mineral zinc (seng). Seng akan mengontrol kadar hormon steroid, yang mempunyai pengaruh positif terhadap libido di dalam tubuh.
  • Tidak semua kerang hijau, tidak layak dikonsumsi. Kerang hijau dari perairan yang bersih dan jauh dari limbah kawasan industri masih boleh dinikmati. Yang dikhawatirkan adalah kerang tersebut datang dari perairan yang tinggi polutan kimianya, seperti di perairan sekitar Teluk Jakarta. Ada baiknya Anda tidak mengonsumsi kerang hijau yang datang dari perairan tersebut.
  • Kalau tubuh Anda dicap alergi kerang, sebaiknya batasi konsumsinya, maksimal 3 buah per hari. Sebab, alergi merupakan sinyal bahwa tubuh memang rentan terhadap bahan makanan tersebut.
  • Mengatasi alergi dengan jalan merebus kerang bersama arang, sangat tidak disarankan. Sebab, kebersihan arang yang tidak terjamin justru bisa menambah bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh kerang.
  • Sebaiknya hindari konsumsi kerang dalam keadaan mentah. Kerang mentah mudah terkontaminasi bakteri pembusuk, yang menyebabkan gangguan pada pencernaan, seperti diare.
  • Mineral di dalam seafood, termasuk kerang, lebih mudah diserap tubuh dibandingkan mineral yang berasal dari serealia dan kacang-kacangan. Meski begitu, kandungan purin di dalam kerang bisa memicu tingginya asam urat di dalam tubuh. Bagi Anda yang punya gejala asam urat, lebih baik menghindari atau batasi mengonsumsinya. 

Inilah nutrisi dalam kerang.





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?