Money
Dana Darurat PHK

15 Nov 2012


Tanya:
Seorang teman saya di-PHK secara tiba-tiba akibat krisis keuangan yang dialami kantornya. Sebagai sesama karyawan, saya khawatir apabila hal ini terjadi juga pada saya. Menurut Anda, apakah saya perlu menyediakan dana darurat PHK? Seberapa besar dan bagaimana mengumpulkannya?

Jawab:
Ada dana darurat yang bisa kita gunakan untuk membantu biaya hidup keluarga, jika terkena PHK. Dana darurat ini besarnya tergantung kondisi keluarga.
Untuk lajang, sebaiknya memiliki 4 kali pengeluaran bulanan. Untuk yang sudah menikah, sebaiknya memiliki 6 kali pengeluaran bulanan. Keluarga dengan 1 anak, 9 kali pengeluaran bulanan. Keluarga dengan 2 anak atau lebih, 12 kali pengeluaran bulanan.

Angka 4, 6, 9, dan 12 ini menunjukkan berapa bulan seseorang atau sebuah keluarga dapat bertahan hidup menggunakan dana darurat mereka. Untuk mengumpulkan dana darurat ini tentu saja tidak mudah karena jumlahnya besar. Buat target untuk 1 - 2 tahun ke depan. Perhatikan, penyimpanan dana darurat harus pada produk rendah risiko dan likuid. Anda bisa menggunakan tabungan, deposito, reksa dana  pasar uang, atau emas. Keempat produk ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda, namun tetap rendah risiko dan likuid sehingga dana darurat dapat disebar pada keempatnya.

Konmsultan: Ligwina Hananto, Perencana keuangan Independen


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?