Health & Diet
Cyber Slimming

13 Dec 2012


Menurunkan berat badan adalah isu yang sensitif bagi kebanyakan wanita. Semua tahu teorinya, tapi pada praktiknya tak semudah itu. Berikut ini adalah kisah dua wanita yang berhasil kembali langsing setelah menemukan ‘konsultan diet pribadi’ dari Twitter dan aplikasi yang diunduh ke smartphone.

Pakar nutrisi dari Klinik Primavita, dr. Carmelita Ridwan, M.Sc., menjelaskan bahwa aplikasi-aplikasi penuntun diet memang dapat mendukung program pelangsingan tubuh. Namun demikian, efektivitasnya tergantung dari motivasi, konsistensi, dan tingkat kedisiplinan masing-masing individu.

Aplikasi penghitung kalori adalah alat yang dapat membantu seseorang mengetahui jumlah kalori yang dikonsumsinya. Namun, harus diingat bahwa ketika makan kita juga harus memperhatikan faktor nutrisi atau gizi dan tidak berpatok pada ukuran kalori semata. Apabila kebutuhan akan protein, vitamin, mineral, dan serat tak terpenuhi, maka akibatnya tubuh akan lemas, kuyu, dan rentan sakit.

Karena itu, sebaiknya orang yang ingin kurus bisa memilih jenis makanan yang kalorinya kecil, tapi cukup nutrisi, seperti yang terdapat dalam kombinasi lauk protein hewani/nabati, sayur, polong-polongan dan buah (serta memakai cara memasak yang menggunakan sedikit minyak). Tubuh juga membutuhkan beragam nutrisi, sehingga konsumsi sayur pun jangan hanya satu jenis, tapi sebaiknya kombinasi dari berbagai sayur dengan warna berbeda, yang menunjukkan kandungan nutrisi yang berbeda pula.

Jangan lupa,  lengkapi pengetahuan tentang nutrisi yang dibutuhkan  lewat buku-buku, internet, atau konsultasi dengan ahli, agar tahu jenis makanan  yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Jangan juga memaksakan diri untuk membuang kelebihan bobot secara drastis. Maksimal turun 2 kg per minggu adalah batas yang dianjurkan. Konsumsi air putih sebelum makan untuk membantu rasa kenyang diperbolehkan, asalkan suplai makanan tetap dilakukan selama itu untuk kebutuhan fisik, bukan untuk kebutuhan lidah atau emosional. Karena, rasa lapar merupakan sinyal bahwa tubuh butuh makanan.

LIVESTRONG Calorie Tracker (Apple)
Tidak hanya menghitung jumlah kalori tapi juga proporsi lemak, protein, kolesterol, sodium dan karbohidrat yang masuk ke  dalam tubuh.

Calorie Balance Diet (Windows)
Jurnal diet harian yang juga berfungsi sebagai penghitung kalori dan dilengkapi dengan
ratusan aktivitas pembakar kalori. Semudah menggunakan kalkulator.

Morsel (Blackberry)
Memberi saran untuk aktivitas fisik sesuai target yang ingin dicapai dengan pendekatan holistik.

Endomondo Sport Tracker (Android)
Penghitung pembakaran kalori dari aktivitas atletik, seperti lari, bersepeda, jalan kaki, dan sebagainya.

Reynette Fausto




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?