Career
CV Ampuh Untuk Pekerjaan Idaman

25 Jul 2011

Untuk mendapatkan pekerjaan idaman, salah satu modal penting adalah CV (curriculum vitae). “Pemilik CV harus dapat menonjolkan kelebihannya secara mendetail, namun tetap singkat. CV yang tampilannya menarik akan percuma jika isinya tidak menjual,” kata Ati Simatupang, Managing Director wilayah Asia Tenggara, perusahaan headhunter multinasional, Bó Lè Associates, Ltd.

Saat membuat CV, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Bagian terpenting dari CV adalah pengalaman atau rekam jejak pekerjaan Anda. Meski sudah memiliki banyak pengalaman, Anda tak perlu membuat autobiografi mini. Rangkum seluruh perjalanan karier Anda dalam satu paragraf yang menceritakan bidang pekerjaan dan pencapaian Anda. Tambahkan juga harapan karier Anda di masa mendatang.

2. Cantumkan tiga pekerjaan terakhir yang paling relevan dengan posisi yang Anda lamar, mulai dari pekerjaan terakhir. Sebutkan dengan sedikit mendetail, misalnya mengenai cakupan tanggung jawab Anda.

3.
Poin-poin dalam rekam jejak menentukan apakah Anda pantas diterima untuk posisi tertentu. Karena itu, cantumkan fakta-fakta yang akurat, detail, tapi singkat.

4. Pencapaian yang signifikan harus dijadikan focus utama. Jangan ragu untuk menyebutkan berbagai penghargaan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

5. Sebaiknya CV dibatasi dua hingga tiga halaman saja. Fokuskan tulisan hanya pada hal-hal yang menarik, sisanya yang lebih detail akan ditanyakan ketika wawancara.

6. Tidak perlu menyebutkan semua training yang pernah Anda ikuti. Cukup secara garis besar.

7. Gunakan gaya bahasa yang efektif dan efisien. Anda tidak perlu menulis dengan gaya bercerita atau menggunakan kata ‘saya’ berulang kali.

8. Jika melamar ke perusahaan besar, sebaiknya Anda mengirimkan CV dalam bahasa Inggris. Kalau Anda punya kemampuan berbahasa asing  lain, sebutkan seberapa fasih Anda secara lisan dan tulisan (basic, intermediate, atau advance).

9.
Perhatikan pemilihan font CV Anda apakah sudah tepat dan enak dibaca. Paragraf dan poin-poin juga sebaiknya tertata rapi. (f)











 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?