Food Trend
Coulis

28 Sep 2012


Berasal dari kata Prancis colare, yang berarti cairan kental. Salah satu koleksi saus Prancis yang tersedia dalam dua rasa, yaitu gurih dan manis. Banyak digunakan sebagai teman untuk menyantap hidangan daging (coulis sayuran) atau sajian penutup (coulis buah segar).
Selain digunakan mentah, yaitu dicincang halus dan dicampur ke dalam makanan utama, coulis juga bisa diracik dari metode pemasakan buah atau sayuran segar. Buah atau sayur dimasak di atas api kecil hingga lunak dan hancur. Terkadang ditambahkan gula sebagai penguat rasa manis. Setelah jadi ‘bubur’, coulis dapat disajikan dengan cara disiram di atas hidangan, seperti es krim, crepes, atau sorbet.
Ada pula coulis yang disaring terlebih dulu hingga didapat cairan bertekstur halus dan diletakkan di atas piring sebagai hiasan (garnish) atau dimasak kembali bersama bahan makanan utama. Contohnya, raspberry coulis yang dimasak bersama buah pir atau apel utuh (poach pear atau poach apple). Contoh lainnya adalah fruit sauce (saus buah segar), seperti saus cranberry.(f)

Ingin mencoba membuat Coulis? Baca resepnya di sini!


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?