Health & Diet
Cara Menghilangkan Bau Mulut

3 Aug 2011

Ketika berpuasa, mulut tidak kemasukan makanan. Keadaan ini membuat air liur tidak terpompa keluar dari kelenjar parotis (kelenjar liur). Padahal, air liur berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH dalam mulut, kelembapan mulut, membunuh bakteri jahat, dan membilas mulut dari sisa makanan. Makanya, bakteri dalam mulut pun merajalela. Bakteri ini kemudian memetabolisme sisa makanan dalam mulut menjadi gas sulfur dan VSC (volatile sulfur compound), sehingga mulut pun berbau (halitosis).

Penggunaan obat kumur boleh saja, tapi jangan terlampau sering karena akan membuat mulut iritasi. Tetapi, selama masalah gigi berlubang dan karang gigi belum diatasi, bau mulut akan terus ada. Hindari problem bau mulut dengan periksa ke dokter gigi sebelum berpuasa, menghindari makanan berbau tajam, serta teratur menyikat gigi, permukaan lidah, dan sela gigi. (f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?