Tips
Cara Mencegah Kerutan di Usia Dini

18 Oct 2011

Kerutan halus –apalagi keriput– memang bisa menjadi momok bagi sebagian wanita karena berhubungan dengan masalah penuaan kulit. Itulah sebabnya, banyak produsen kecantikan meluncurkan berbagai produk berlabel anti-wrinkle yang pada dasarnya berfungsi meningkatkan struktur serta kondisi kelembapan dan kekenyalan kulit agar terhindar dari masalah kerutan, dan bukan menghilangkan kerutan.

Mengapa demikian? Karena, kerutan pada kulit muncul sebagai akibat dari berkurangnya kadar kolagen pada kulit yang menjadi agen penting dalam mempertahankan kelembapan dan kekenyalan kulit. Dan, untuk meningkatkan kadar kolagen tersebut tidak cukup hanya dengan memakai produk topikal semata. Dibutuhkan lebih dari sekadar ‘kandungan kolagen’ dari produk perawatan kulit untuk membantu merangsang produksi kolagen alami kulit.

Selain dengan prosedur perawatan kulit yang canggih –di antaranya adalah carbon dioxide (CO2) dan erbium (YAG) laser– bisa juga dengan memakai produk perawatan kulit yang mengandung retinova, renova atau retin-A, yaitu derivatif vitamin A yang baik untuk memperbaiki struktur kulit sekaligus menyamarkan kerutan halus pada kulit. Bahkan, kandungan tersebut di atas diyakini bisa membantu menyamarkan vlek hitam, meratakan warna kulit, dan menghaluskan kulit. Meski demikian, pemakaian produk dengan kandungan tersebut di atas wajib dilakukan di bawah pengawasan dermatolog karena berefek samping kulit menjadi sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. (f)

Baca juga:
Atasi Kerut Seputar Mata



 

polling
Kosmetik Ilegal

Baru-baru ini BPOM menemukan peredaran kosmetik palsu hingga mencapai harga puluhan miliar rupiah. Peredaran kosmetik palsu di Indonesia pun sudah masuk dalam tingkat yang perlu diwaspadai.

Di manakah Anda biasa membeli kosmetik?
Saat membeli kosmetik, hal apa yang Anda perhatikan?
Seberapa sering Anda membeli kosmetik?
Apakah Anda pernah membeli kosmetik yang ternyata palsu dan ilegal?